Mengenal Lebih Dekat Energi Biomassa

Energi biomassa telah menjadi topik yang semakin populer dalam diskusi tentang energi terbarukan. Namun, banyak orang masih belum paham apa itu energy biomassa dan bagaimana penggunaannya dapat bermanfaat bagi lingkungan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang energy biomassa dan bagaimana energi ini dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Apa itu Energi Biomassa?

Energi biomassa adalah energi yang dihasilkan dari bahan organik seperti kayu, limbah pertanian, limbah makanan, dan limbah kota. Energi ini dihasilkan melalui proses termokimia atau biokimia yang mengubah bahan organik menjadi energi yang dapat digunakan.

Jenis-Jenis Energi Biomassa

Ada beberapa jenis energy biomassa yang dapat dihasilkan, yaitu:

sumber: canva

1. Biogas

Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses pembusukan bahan organik seperti limbah pertanian, limbah makanan, dan limbah kota. Gas ini mengandung metana dan dapat digunakan sebagai sumber energi.

2. Bioetanol

Jenis Bioetanol adalah jenis bahan bakar cair yang dihasilkan dari fermentasi gula atau pati yang terdapat pada tanaman seperti jagung, tebu, dan ubi kayu. Bioetanol dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin mobil atau generator.

3. Biodiesel

Jenis Biodiesel adalah bahan bakar cair yang dihasilkan dari minyak nabati seperti kelapa sawit, jarak, atau kedelai. Biodiesel dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin diesel.

4. Bio listrik

Bio listrik adalah listrik yang dihasilkan dari pembakaran biomassa seperti kayu atau jerami. Listrik ini dihasilkan melalui proses termal.

Manfaat dan Keuntungan Penggunaan Energi Biomassa

Penggunaan energy biomassa memiliki manfaat dan keuntungan yang dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Beberapa manfaat dan keuntungan dari penggunaan energy biomassa adalah sebagai berikut:

1. Ramah Lingkungan

Energy biomassa dihasilkan dari bahan organik yang dapat diperbaharui dan berpotensi mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain itu, penggunaan energy biomassa dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang sumbernya semakin menipis.

2. Penghematan Biaya

Energy biomassa dapat dihasilkan dari bahan-bahan yang biasanya dianggap sebagai limbah, sehingga dapat mengurangi biaya pembuangan limbah. Selain itu, penggunaan energy biomassa juga dapat mengurangi biaya pembelian bahan bakar fosil yang semakin mahal.

3. Pengembangan Ekonomi Lokal

Penggunaan energy biomassa dapat membuka lapangan kerja baru dalam pengolahan limbah dan pembuatan bahan bakar biomassa. Hal ini dapat membantu meningkatkan ekonomi lokal.

4. Ketersediaan Energi yang Stabil

Sumber energi fosil seperti minyak bumi dan gas alam dapat mengalami fluktuasi harga dan ketersediaan yang tidak stabil. Penggunaan energy biomassa yang diperbaharui dan dapat ditemukan di banyak tempat dapat memberikan ketersediaan energi yang lebih stabil.

Penutup

Mulailah menggunakan energi biomassa untuk membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan sekarang juga!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 39 − 33 =