Mengenal Komponen PLTS Atap: Membangun Sumber Energi Hijau

Sumber: canva

Dalam usaha menciptakan masa depan yang berkelanjutan, energi terbarukan semakin menjadi sorotan. PLTS adalah salah satu cara yang inovatif dan efisien untuk memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi hijau. Dalam artikel ini, akan menjelajahi dengan lebih dalam tentang mengenal komponen PLTS atap.

Mengenal Komponen PLTS Atap

Mengenal komponen-komponen PLTS Atap adalah langkah penting untuk memahami cara kerja sistem ini dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya sepenuhnya. Berikut adalah beberapa komponen utama yang terlibat dalam PLTS Atap:

1. Panel Surya

Solar panel merupakan komponen paling penting dalam PLTS Atap. Panel ini terdiri dari sel surya yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Sel surya umumnya terbuat dari bahan semikonduktor, seperti silikon, yang memiliki kemampuan untuk menyerap sinar matahari dan menghasilkan arus listrik.

2. Inverter

Untuk mengubah arus searah (DC) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus bolak-balik (AC) yang dapat digunakan oleh peralatan listrik rumah tangga adalah inverter. Inverter juga memastikan bahwa daya listrik yang dihasilkan oleh PLTS Atap sesuai dengan standar kelistrikan yang digunakan di rumah atau bangunan.

3. Baterai

Bahan opsional dalam sistem PLTS Atap adalah baterai. Baterai menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya untuk digunakan saat sinar matahari tidak tersedia, misalnya pada malam hari atau saat cuaca mendung. Dengan adanya baterai, energi listrik dapat disimpan dan digunakan kapan saja dibutuhkan.

4. Pemantauan Sistem

Fitur penting dalam PLTS atap adalah pemantauan sistem. Pemantauan sistem memungkinkan pengguna untuk melacak kinerja sistem secara real-time, termasuk produksi energi, pemakaian energi, dan tingkat efisiensi. Informasi ini membantu pengguna memahami seberapa efektif PLTS Atap mereka .

Penutup

Mengenal komponen PLTS atap adalah langkah penting dalam memahami potensi energi surya sebagai sumber energi hijau yang dapat dimanfaatkan. Panel surya, inverter, baterai, dan pemantauan sistem adalah bagian utama yang membentuk sistem PLTS Atap. Hubungi Atonergi untuk membantu pemasangan PLTS Anda.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 2 = 8