Dokumentasi-Layanan-Atonergi-4-min

Mengenal Jenis dan Cara Kerja Panel Surya Tenaga Surya

Mengenal jenis dan cara kerja panel tenaga surya adalah topik yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ini karena solar panel menjadi alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga. 

Namun, meskipun banyak orang tertarik dengan teknologi ini, masih banyak yang tidak sepenuhnya memahami jenis-jenis solar panel dan cara kerjanya. 

Jadi, jika Anda juga ingin memanfaatkan energi matahari untuk kebutuhan rumah tangga Anda, tapi masih bingung dengan segala sesuatu tentang solar panel, maka panduan lengkap ini adalah untuk Anda. Di sini, Anda akan mempelajari jenis-jenis solar panel,  cara kerjanya, dan beberapa pertanyaan umum tentang teknologi ini.

Jenis-jenis Panel Tenaga Surya

Berikut ini adalah beberapa jenis dari solar panel:

Sumber: Canva

1. Solar Panel Polikristalin

Solar panel polikristalin terdiri dari banyak kristal silikon yang tumbuh secara acak. Ini membuat panel ini terlihat agak cacat, tetapi lebih efisien dalam menghasilkan listrik dari energi matahari. Panel polikristalin lebih murah daripada monokristalin, tetapi tidak seefisien monokristalin.

2. Solar Panel Monokristalin

Solar panel monokristalin terbuat dari kristal silikon tunggal yang ditempatkan dalam susunan teratur. Ini membuat panel monokristalin terlihat lebih rapi dan elegan. Panel monokristalin lebih efisien daripada polikristalin, tetapi juga lebih mahal.

Cara Kerja Solar Panel

Solar panel menghasilkan listrik dari energi matahari melalui proses yang disebut efek fotovoltaik. Ketika cahaya matahari mencapai solar panel, elektron-elektron dalam bahan semikonduktor panel akan dilepaskan dan bergerak ke arah medan listrik yang diciptakan oleh panel. Medan listrik ini kemudian menghasilkan arus listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga Anda.

Penutup

Mulailah memanfaatkan energi surya untuk rumah Anda dengan bantuan Atonergi – ahli panel tenaga surya terpercaya di Indonesia. Hubungi kami sekarang!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 21 = 26