Maintenance Pompa Air Mancur Tenaga Surya

Maintenance Pompa Air Mancur Tenaga Surya

Maintenance Pompa Air Mancur Tenaga Surya
sumber: canva

Pompa air mancur tenaga surya atau pompa air mancur listrik tenaga surya telah menjadi semakin populer di Indonesia karena merupakan cara yang berkelanjutan dan hemat biaya untuk mempercantik taman dan ruang terbuka. Pompa ini menggunakan energi matahari untuk beroperasi dan tidak memerlukan sambungan listrik. Mudah dipasang dan dirawat, membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang. Namun, Maintenance yang tepat diperlukan agar pompa air mancur tenaga surya dapat bertahan lama dan beroperasi dengan baik.

Maintenance Pompa Air Mancur Tenaga Surya

Agar pompa air mancur tenaga surya Anda tetap berfungsi dengan baik, berikut adalah beberapa tips Maintenance yang dapat Anda lakukan:

1. Bersihkan Panel Surya

Panel surya pada pompa air mancur tenaga surya dapat terkena debu dan kotoran seiring waktu. Bersihkan panel surya secara teratur untuk memastikan bahwa energi matahari dapat diambil dengan efektif. Gunakan kain lembut dan bersih untuk membersihkan panel surya secara lembut.

2. Bersihkan Pompa Air

Kotoran, daun, dan serpihan lainnya dapat masuk ke dalam pompa air mancur tenaga surya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada pompa. Bersihkan pompa secara teratur dengan membersihkan area sekitar pompa dan membersihkan bagian dalam pompa dengan sikat lembut.

3. Periksa Kabel dan Hubungannya

Pastikan kabel dan hubungan pada pompa air mancur tenaga surya dalam kondisi yang baik. Periksa secara teratur apakah ada kabel yang rusak atau korosi. Ganti kabel yang rusak atau hubungan yang korosi dengan yang baru.

4. Periksa Aliran Air

Pastikan bahwa air mengalir dengan lancar dan tidak tersumbat. Jika air mengalir dengan lambat atau terhenti, bersihkan saluran air dengan menghilangkan kotoran atau serpihan yang mungkin ada di dalamnya.

Penutup

Pompa air mancur tenaga surya merupakan cara yang hemat biaya dan berkelanjutan untuk mempercantik taman dan ruang terbuka. Maintenance yang tepat diperlukan agar pompa dapat berfungsi dengan baik dan bertahan lama. 

Jika Anda mengalami kesulitan untuk melakukan Maintenance pada PATS Anda, hubungi Atonergi dan pastikan bahwa pompa air tenaga surya Anda dapat bekerja secara optimal.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 39 − = 32