Langkah-Langkah Pemasangan PJU-TS

PJU-TS menggabungkan teknologi tenaga surya dengan penerangan jalan, menghasilkan sumber energi yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah pemasangan PJU-TS yang perlu diikuti agar efisien dan efektif.

Langkah-langkah Pemasangan PJU-TS

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti dalam proses pemasangan PJU-TS untuk memastikan hasil yang optimal:

1. Evaluasi Lokasi

Sebelum memulai pemasangan PJU-TS, evaluasi lokasi merupakan langkah awal yang penting. Anda perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti kebutuhan penerangan, kondisi lingkungan, dan intensitas sinar matahari yang diterima di lokasi tersebut.

Pastikan area tersebut terpapar sinar matahari dengan baik sepanjang hari untuk memastikan pengumpulan energi surya yang efisien.

sumber: canva

2. Perencanaan Desain

Setelah mengevaluasi lokasi, langkah berikutnya adalah merencanakan desain sistem PJU-TS. Hal ini meliputi penentuan jumlah lampu yang diperlukan, penempatan yang optimal, dan pemilihan jenis lampu yang sesuai. Desain yang baik akan memastikan penerangan yang merata dan efisien di seluruh area yang dituju.

3. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai instalasi, pastikan Anda memiliki semua bahan dan alat yang diperlukan. Beberapa bahan yang mungkin diperlukan antara lain panel surya, baterai, regulator pengisian, kabel, dan perlengkapan pemasangan lainnya.

Persiapkan juga alat-alat seperti tang, obeng, dan pemotong kabel untuk membantu proses instalasi.

4. Pemasangan Panel Surya

Langkah berikutnya adalah memasang panel surya yang bertujuan untuk menyerap energi matahari. Tempatkan panel surya pada lokasi yang dapat menerima paparan sinar matahari secara langsung. Pastikan panel surya terpasang dengan kokoh dan aman agar dapat mengumpulkan energi dengan optimal.

5. Pemasangan Lampu PJU-TS

Setelah komponen utama terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang lampu PJU-TS. Tempatkan lampu di posisi yang telah direncanakan sebelumnya, memperhatikan jarak yang tepat antara satu lampu dengan lampu lainnya. 

Pastikan lampu terpasang dengan kokoh dan menghadap ke arah yang diinginkan untuk mencapai cakupan penerangan yang optimal.

6. Pemasangan Kabel dan Penghubungan

Saat semua komponen terpasang, lakukan pemasangan kabel dan penghubungan yang diperlukan. Pastikan penghubungan antara panel surya, baterai, regulator pengisian, dan lampu dilakukan dengan benar dan aman. 

Gunakan kabel yang sesuai dan periksa kualitas koneksi untuk mencegah kebocoran daya atau masalah lainnya.

7. Uji Coba dan Pemeliharaan

Setelah pemasangan selesai, lakukan uji coba untuk memastikan sistem PJU-TS berfungsi dengan baik. Periksa semua komponen dan pastikan penerangan berjalan sesuai yang diharapkan. 

Selain itu, tetap lakukan pemeliharaan rutin untuk menjaga kinerja sistem. Bersihkan panel surya secara teratur dan periksa kondisi baterai serta lampu secara berkala.

Penutup

Ingin memasang PJU-TS dengan efisien dan efektif? Percayakan pada Atonergi! Kami ahli dalam langkah-langkah pemasangan PJU-TS yang optimal untuk memastikan sumber energi ramah lingkungan dan hemat biaya. Hubungi kami sekarang!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 9 + 1 =