Komponen Sistem Listrik Tenaga Surya untuk Pompa Air

Sumber: canva

Mencari sumber energi yang ramah lingkungan dan hemat biaya merupakan keinginan banyak orang. Salah satu solusi yang banyak diminati adalah menggunakan panel surya. Komponen Sistem Listrik Tenaga Surya untuk Pompa Air memungkinkan penggunaan energi surya untuk mengoperasikan pompa air. 

Komponen Sistem Listrik Tenaga Surya untuk Pompa Air

Komponen-komponen utama dari sistem tenaga surya untuk pompa air sebagai berikut.

1. Panel Surya

Solar panel adalah komponen utama dalam sistem tenaga surya. Panel surya menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Panel surya terdiri dari sel surya, yang terbuat dari silikon, dan aluminium atau bingkai besi untuk menopang sel surya.

2. Kontroler Pengisian Baterai

Alat yang bertanggung jawab untuk mengatur pengisian baterai melalui panel surya adalah kontroler pengisian baterai. Kontroler ini akan memastikan bahwa baterai terisi penuh tanpa merusaknya.

3. Baterai

Komponen yang digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya untuk mengoperasikan pompa air saat matahari tidak bersinar atau pada malam hari adalah baterai. Baterai yang umum digunakan pada sistem ini adalah baterai asam timbal (lead-acid) atau baterai gel.

4. Inverter

Komponen yang akan mengubah energi DC yang dihasilkan oleh panel surya dan baterai menjadi energi AC yang dapat digunakan untuk mengoperasikan pompa air adalah inverter. Inverter juga bertanggung jawab untuk mengatur tegangan yang diperlukan oleh pompa air.

5. Pompa Air

Komponen utama yang akan menggerakkan air dari sumber air ke tujuan yang diinginkan adalah pompa air. Pompa air yang digunakan pada sistem tenaga surya harus dipilih dengan hati-hati agar sesuai dengan kebutuhan dan daya yang tersedia pada sistem.

Rancangan Sistem Listrik Tenaga Surya untuk Pompa Air

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum merancang sistem, meliputi:

  • Kedalaman sumur dan ketinggian permukaan air
  • Jumlah air yang diperlukan per hari
  • Kapasitas pompa air yang dibutuhkan
  • Waktu operasi pompa air

Setelah mengetahui kebutuhan energi pompa air, langkah selanjutnya adalah merancang sistem tenaga surya. 

Penutup

Menggunakan komponen sistem listrik tenaga surya untuk pompa air adalah salah satu cara yang efektif dan efisien untuk mendapatkan pasokan air di daerah terpencil atau di tempat yang sulit dijangkau oleh listrik PLN. Mari gunakan pompa air tenaga surya dengan produk terbaik Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 2