Service SHS

Kenapa Harus Menggunakan Solar Home System?

Solar home system merupakan suatu teknologi terbarukan yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik terbarukan. Saat ini, penggunaan solar home system terbilang sangat ideal di Indonesia karena memiliki sumber sinar matahari yang banyak. Namun, masih banyak masyarakat yang masih belum paham cara kerja dan manfaat dari penggunaan solar panel ini.

Bagaimana cara kerja hybrid solar home system?

Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS) adalah sumber listrik yang menggabungkan panel surya dengan sistem backup baterai dan aliran listrik dari PLN. Kedua sistem ini saling membantu saat terjadi kekurangan daya listrik.

Pagi Hari

Hasil energi dari solar home system dapat mengoperasikan semua peralatan elektronik rumah dan dapat Anda simpan dalam baterai untuk Anda gunakan saat malam hari atau siang hari.

Sore Hari

Setelah matahari terbenam, sistem solar panel secara otomatis beralih dari energi matahari ke aliran listrik PLN.

Malam Hari

Jika kapasitas penyimpanan energi di baterai mencukupi, Anda bisa menggunakan energi tersebut di malam hari. Dengan begitu, Anda tidak akan menggunakan aliran listrik dari PLN.

Kenapa Harus Menggunakan Solar Home System?

1.    Hemat Pajak Karbon

Alasan pertama kenapa Anda harus menggunakan solar home system adalah hemat biaya pajak karbon. Mungkin beberapa dari Anda masih belum mengetahui ini. Tahun 2022 mendatang, Indonesia akan mulai menetapkan pajak karbon yang akan berlaku pada 1 April 2022.

Bahkan, tarif pajak karbon ini sudah ditetapkan oleh Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat dengan tarif minimal Rp 30 per kilogram karbon dioksida ekuivalen (CO2e). Jadi, dengan menggunakan solar panel, Anda akan mendapatkan tagihan pajak karbon emisi dari penggunaan barang elektronik jauh lebih rendah dibandingkan dengan rumah yang tidak menggunakan solar panel.

2.    Biaya Listrik Rendah

Masih terkait dengan pajak karbon yang akan berlaku di tahun 2022. PLTU atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap menjadi salah satu industri yang akan terkena pajak. Tentunya, hal ini akan berdampak pada pengembang listrik swasta. Karenanya, saat ini sudah semakin banyak rumor yang memprediksi bahwa biaya tagihan listrik akan meningkat.

Karena itulah, menggunakan solar panel menjadi pilihan yang tepat untuk memangkas biaya pengeluaran bulanan Anda dari tagihan pajak karbon dan tagihan listrik.

3.    Dapat Digunakan Saat Bencana Alam

Berikutnya, alasan yang tepat untuk menginstalasi solar panel adalah fleksibilitasnya untuk memproduksi energi listrik saat mengalami pemadaman listrik atau bencana alam.

Tenaga listrik sangat dibutuhkan, terlebih lagi saat terjadi bencana alam yang membuat saluran listrik terhambat atau putus. Solar Panel dapat menghasilkan energi sinar matahari menjadi energi listrik, sehingga solar panel bisa menyalurkan energi listrik ke lokasi yang membutuhkan listrik di saat genting. Misal, seperti di tenda rumah sakit darurat. Tempat-tempat seperti itu pasti membutuhkan energi listrik untuk mendapatkan cahaya, menjalankan alat-alat kedokteran, komunikasi, dan lain-lain.

4.    Tidak Menimbulkan Polusi Suara

Solar panel tidak menghasilkan suara saat beroperasi. Tentunya hal ini sangat berbalik ketika Anda menggunakan genset yang terbilang cukup berisik.

Panel surya dirancang tidak hanya untuk menjaga kelestarian lingkungan saja, namun juga menjaga keamanan dan ketenangan penggunanya juga.

Yuk, Pasang Solar Home System Sekarang!

Setelah memahami manfaat penggunaan solar home system ini, apakah Anda sudah memutuskan untuk memasangnya?

Jika sudah, Anda bisa mulai mencari-cari referensi spesifikasi solar panel dan jumlah kebutuhan solar home system yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Atonergi merupakan penyedia solar panel terpercaya di Indonesia. Kami memiliki berbagai varian solar panel dan tenaga listrik air yang Anda butuhkan. Hubungi kami untuk berkonsultasi.