Kelebihan Pompa Air Tenaga Surya yang Harus Diketahui

Sumber: canva

Di Indonesia, masih banyak daerah yang mengalami kesulitan dalam memperoleh akses air bersih, karena daerah yang terpencil sehingga tidak terjangkau jaringan listrik PLN. Oleh karena itu,  kelebihan pompa air tenaga surya dapat menjadi solusi alternatif atas permasalahan yang terjadi tersebut.

Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya

PATS bekerja dengan memanfaatkan energi surya untuk menggerakkan pompa air. Energi surya dikonversi menjadi energi listrik oleh panel surya, yang kemudian digunakan untuk menggerakkan pompa air. Pompa air kemudian mengambil air dari sumber air dan memompa air ke tempat yang diinginkan.

Kelebihan Pompa Air Tenaga Surya yang Harus Diketahui

Berikut adalah beberapa kelebihan PATS yang harus diketahui:

1. Hemat Energi dan Biaya Operasional

PATS menggunakan energi surya yang gratis dan tidak terbatas. Dengan memanfaatkan sinar matahari yang tersedia, PATS dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menggerakkan pompa air. Selain itu, penggunaan PATS tidak memerlukan biaya operasional yang tinggi karena tidak menggunakan listrik PLN.

2. Ramah Lingkungan

PATS tidak menghasilkan emisi karbon atau polutan lainnya, sehingga tidak berkontribusi pada polusi udara atau efek rumah kaca.

3. Tidak Bergantung pada Pasokan Listrik

PATS tidak bergantung pada pasokan listrik dari PLN. Hal ini sangat penting terutama di daerah yang jauh dari jangkauan listrik atau sering mengalami pemadaman listrik. Dengan menggunakan PATS, akses ke air bersih tetap terjaga meskipun pasokan listrik dari PLN terputus.

4. Kelebihan Pompa Air Tenaga Surya: Mudah Dipasang dan Dipindahkan

PATS sangat mudah dipasang dan dipindahkan. Karena tidak memerlukan kabel listrik, PATS dapat dipasang di mana saja tanpa perlu khawatir tentang ketersediaan jaringan listrik. Selain itu, karena PATS tidak terlalu besar dan berat, mudah untuk dipindahkan ke lokasi yang lebih strategis.

5. Dapat Menghasilkan Air Bersih

PATS dapat menghasilkan air bersih yang aman untuk dikonsumsi. Selain itu, PATS juga dapat menghasilkan air untuk keperluan pertanian atau irigasi, sehingga sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas lahan.

Penutup

Kelebihan pompa air tenaga surya yang harus diketahui adalah hemat energi dan biaya operasional, ramah lingkungan, tidak bergantung pada pasokan listrik, mudah dipasang dan dipindahkan, serta dapat menghasilkan air bersih. Oleh karena itu, mari beralih menggunakan PATS dan hubungi Atonergi untuk jasa pemasangan.

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 × 3 =