Kapasitas Paket Pembangkit Tenaga Surya Pompa Air

Sumber: canva

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan pompa air yang ditenagai oleh energi surya? Sistem pompa air tenaga surya dapat menjadi solusi ramah lingkungan dan ekonomis untuk memenuhi kebutuhan air Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang kapasitas pompa air tenaga surya.

Faktor-Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Paket Pembangkit Tenaga Surya Pompa Air

Berikut ini adalah faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih PATS.

1. Daya yang Dibutuhkan

Kemampuan PATS tergantung pada daya yang dibutuhkan untuk memompa air. Daya yang dibutuhkan tergantung pada kedalaman sumur, debit air yang dibutuhkan, dan ketinggian antara pompa air dan tempat penyimpanan air. 

2. Kekuatan Panel Surya

Kemampuan PATS tergantung pada kekuatan panel surya yang digunakan. Panel surya yang lebih besar akan menghasilkan lebih banyak energi dan memungkinkan sistem pompa air bekerja dengan lebih efisien. Namun, panel surya yang lebih besar juga akan membutuhkan ruang yang lebih besar dan lebih mahal.

3. Kapasitas Baterai

Kemampuan baterai juga mempengaruhi kemampuan PATS. Baterai yang lebih besar akan memungkinkan sistem untuk menyimpan energi yang lebih banyak dan bekerja dengan lebih efisien. Namun, baterai yang lebih besar juga lebih mahal dan membutuhkan ruang yang lebih besar.

4. Kualitas dan Jenis Pompa

Faktor selanjutnya ialah kualitas dan jenis pompa air. Ada beberapa jenis pompa air, seperti pompa jet, pompa sumur dangkal, pompa sumur dalam, dan pompa air permukaan. Pastikan Anda memilih jenis pompa yang sesuai dengan kondisi air di daerah Anda.

5. Harga

Faktor terpenting adalah harga PATS. harga dapat bervariasi tergantung pada kapasitas, kekuatan panel surya, kapasitas baterai, dan jenis pompa yang digunakan. Pastikan Anda memilih PATS yang sesuai dengan anggaran Anda.

Cara Menghitung Kapasitas Paket Pembangkit Tenaga Surya Pompa Air

Untuk menghitung kapasitas PATS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan kebutuhan air Anda dalam liter per hari.
  2. Tentukan kedalaman sumur dan ketinggian antara pompa air dan tempat penyimpanan air.
  3. Hitung debit air yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus debit air = kebutuhan air / (24 jam x 60 menit).
  4. Tentukan kekuatan panel surya yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus daya panel surya = debit air x ketinggian antara pompa air dan tempat penyimpanan air / 3,7.
  5. Tentukan kapasitas baterai yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus kapasitas baterai = daya panel surya x 2.

Penutup

Paket pembangkit tenaga surya pompa air adalah solusi yang ramah lingkungan dan hemat biaya untuk memompa air. Menghitung kapasitas PATS dapat membantu Anda memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi Atonergi untuk menentukan PATS terbaik dan harga spesial untuk Anda!

By : Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 32 + = 34