Jenis Paket Tenaga Surya untuk Usaha

Jenis paket tenaga surya untuk Usaha menjadi alternatif yang populer untuk mengurangi biaya listrik dan meningkatkan efisiensi energi. Dalam artikel ini, kami akan membahas jenis paket solar panel untuk usaha dan memberikan informasi yang diperlukan untuk bisnis Anda.

Jenis Paket Tenaga Surya 

Berikut ini beberapa jenis dari panel surya:

1. Solar Panel On-Grid

Solar panel on-grid adalah jenis solar panel yang paling umum digunakan. Paket ini terhubung langsung ke jaringan listrik publik dan dapat menghasilkan listrik dari matahari untuk digunakan di dalam dan di luar gedung. 

  1. Beberapa kelebihan dari solar panel on-grid adalah:
  2. Biaya instalasi relatif lebih murah dibandingkan jenis solar panel lainnya.
  3. Dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari bisnis.
  4. Mengurangi biaya listrik dari PLN yang harus dibayarkan oleh bisnis.

Namun, kekurangan dari solar panel on-grid adalah ketidakpastian terkait stabilitas jaringan listrik publik dan pengaruhnya terhadap produksi energi surya. Selain itu, jika jaringan listrik publik mengalami pemadaman, sistem tenaga surya on-grid juga akan mati.

2. Solar Panel Off-Grid

Solar panel off-grid adalah jenis solar panel yang bekerja secara independen dari jaringan listrik publik. Paket ini memiliki sistem penyimpanan baterai untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya. Beberapa kelebihan dari solar panel off-grid adalah:

  1. Tidak tergantung pada jaringan listrik publik, sehingga sangat cocok untuk bisnis yang berada di daerah yang sulit dijangkau oleh listrik PLN.
  2. Mempunyai kemampuan penyimpanan baterai yang dapat diandalkan, sehingga bisa menjaga bisnis tetap beroperasi meskipun terjadi pemadaman listrik.
  3. Mengurangi biaya listrik dari PLN yang harus dibayarkan oleh bisnis.

Namun, kekurangan dari solar panel off-grid adalah biaya instalasi yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis solar panel lainnya. Selain itu, kebutuhan untuk mengganti baterai setiap beberapa tahun juga dapat menjadi beban biaya yang signifikan.

3. Solar Panel Hybrid

Solar panel hybrid adalah jenis solar panel yang menggabungkan teknologi on-grid dan off-grid. Paket ini terhubung ke jaringan listrik publik dan memiliki sistem penyimpanan baterai. Beberapa kelebihan dari solar panel hybrid adalah:

  1. Dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari bisnis, bahkan saat jaringan listrik publik mengalami pemadaman.
  2. Dapat memasok kelebihan energi ke jaringan listrik publik dan mendapatkan kredit dari PLN.
  3. Biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan sistem on-grid atau off-grid saja.
  4. Namun, kekurangan dari solar panel hybrid adalah biaya instalasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis solar panel lainnya.

Penutup

Pelajari jenis paket tenaga surya yang cocok untuk bisnis Anda dan manfaat yang bisa didapatkan dengan memilih Atonergi sebagai solusi energi terbaik untuk masa depan bisnis Anda.

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 49 − 47 =