Jenis-Jenis Panel Surya dan Cara Kerjanya

Jenis-Jenis Panel Surya dan Cara Kerjanya

Jenis-Jenis Panel Surya dan Cara Kerjanya
sumber: pixabay

Pernahkah Anda berpikir tentang jenis-jenis panel surya dan cara kerjanya? Panel surya adalah teknologi yang terus berkembang dan semakin populer karena penggunaannya yang ramah lingkungan dan efisien. 

Artikel ini akan membahas jenis-jenis panel surya yang berbeda serta cara kerja mereka untuk membantu Anda memahami teknologi luar biasa ini. Panel surya adalah teknologi yang memungkinkan untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik yang digunakan untuk menghidupkan rumah,  atau bahkan mobil. 

Jenis-jenis Panel Surya

Ada beberapa jenis panel surya:

1.Panel Surya Polikristalin

Panel surya polikristalin terbuat dari banyak kristal silikon yang disusun secara acak. Panel surya ini cenderung lebih murah daripada panel surya monokristalin karena proses pembuatannya lebih sederhana. Namun, panel surya polikristalin juga cenderung lebih tidak efisien daripada panel surya monokristalin karena mereka menghasilkan sedikit energi ketika kondisi cuaca buruk.

2.Panel Surya Monokristalin

Panel surya monokristalin terbuat dari satu kristal silikon yang disusun secara teratur. Panel surya ini cenderung lebih efisien daripada panel surya polikristalin karena mereka menghasilkan lebih banyak energi ketika kondisi cuaca buruk. Namun, panel surya monokristalin juga lebih mahal daripada panel surya polikristalin.

3.Panel Surya Film Tipis

Panel surya film tipis terbuat dari bahan seperti amorf, CdTe, dan CIGS. Mereka cenderung lebih ringan dan fleksibel daripada panel surya kristalin karena mereka dapat ditekuk dan dipasang di berbagai permukaan. Namun, panel surya film tipis cenderung kurang efisien daripada panel surya kristalin.

Cara Kerja Panel Surya

Panel surya bekerja dengan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan rumah, kantor, atau bahkan mobil. Panel surya terdiri dari sel surya fotovoltaik yang terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon. 

Ketika sinar matahari mengenai sel surya, elektron dilepaskan dari atom dalam bahan semikonduktor. Elektron yang dilepaskan kemudian terdorong ke dalam arus listrik dan mengalir melalui panel surya.

Selanjutnya, arus listrik mengalir ke dalam inverter, yang mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik sehingga dapat digunakan untuk menghidupkan perangkat listrik rumah.

Cara memasang Panel Surya

Untuk memasang panel surya, pertama-tama, Anda perlu memilih lokasi yang tepat untuk memaksimalkan penerimaan sinar matahari. Area yang terkena sinar matahari sepanjang hari adalah yang terbaik. Panel surya harus diarahkan ke arah selatan untuk memaksimalkan jumlah sinar matahari yang diterima.

Setelah itu, Anda dapat memasang panel surya pada atap atau permukaan datar menggunakan kabel dan braket yang sesuai. Pastikan panel surya terpasang dengan kokoh dan tidak mudah rusak.

Penutup

Panel surya adalah teknologi yang ramah lingkungan dan efisien yang dapat membantu mengurangi biaya energi dan meningkatkan kualitas hidup kita. Ada beberapa jenis-jenis panel surya yang tersedia, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahan yang berbeda. Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, Hubungi Atonergi untuk mendapatkan penawaran menarik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 5 × 2 =