Hemat Tagihan Listrik dengan Panel Surya – Simak Cara Menghitungnya

Sumber: canva

Tagihan listrik bulanan bisa menjadi beban bagi banyak orang. Ada cara hemat tagihan listrik yang bisa Anda coba, yaitu dengan menggunakan panel surya.

Panel surya dapat menghasilkan listrik dari energi matahari, sehingga Anda bisa mengurangi ketergantungan pada PLN dan menghemat tagihan listrik bulanan. 

Pertimbangan Sebelum Memasang Panel Surya

Sebelum memutuskan untuk memasang panel surya, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu:

1. Biaya Instalasi

Jumlah biaya instalasi panel surya bisa sangat mahal, tergantung pada ukuran panel dan lokasi instalasi. 

2. Sinar Matahari

Panel surya hanya dapat menghasilkan listrik jika terkena sinar matahari. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan apakah rumah Anda terkena sinar matahari sepanjang hari atau tidak.

3. Kapasitas Baterai

Panel surya dapat menyimpan energi yang dihasilkan dalam baterai untuk digunakan saat malam hari atau saat cuaca sedang buruk. 

Cara Menghitung Hemat Tagihan Listrik dengan Panel Surya

Anda bisa menghitung berapa penghematan tagihan yang bisa didapatkan dengan memasang panel surya. Berikut tahapannya:

1. Hitung Konsumsi Listrik Anda

Langkah pertama adalah menghitung berapa banyak listrik yang Anda konsumsi setiap bulannya. Anda bisa melihat tagihan listrik bulanan Anda untuk mengetahui berapa kWh (kilowatt hour) yang Anda gunakan setiap bulannya. 

2. Tentukan Ukuran Panel Surya yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui berapa banyak listrik yang Anda konsumsi setiap bulannya, Anda perlu menentukan ukuran panel surya yang dibutuhkan.

3. Hitung Jumlah Energi yang Dihasilkan oleh Panel Surya

Anda perlu memilih panel surya yang memiliki daya output yang sesuai dengan kebutuhan listrik Anda. Setelah itu, Anda bisa menghitung berapa energi yang dihasilkan oleh panel surya setiap harinya.

4. Hitung Hemat Tagihan Listrik Bulanan

Misalnya, jika Anda menggunakan 300 kWh listrik setiap bulannya dan panel surya yang Anda pilih bisa menghasilkan 10 kWh listrik setiap harinya, maka Anda bisa menghemat 300 – (10 x 30) = 0 kWh setiap bulannya.

5. Hitung Break-Even Point

Selain menghitung penghematan tagihan bulanan, Anda juga perlu menghitung break-even point dari biaya instalasi panel surya. Break-even point adalah titik di mana penghematan tagihan listrik yang Anda dapatkan sama dengan biaya instalasi panel surya.

Misalnya, jika biaya instalasi panel surya sebesar Rp 30 juta dan Anda bisa menghemat Rp 500 ribu tagihan listrik setiap bulannya, maka break-even point adalah 30 juta / 500 ribu = 60 bulan atau 5 tahun. 

Artinya, Anda perlu menggunakan panel surya selama 5 tahun agar penghematan tagihan listrik Anda sama dengan biaya instalasi panel surya.

Penutup

Menggunakan panel surya bisa menjadi cara untuk hemat tagihan listrik. Namun, sebelum memutuskan untuk memasang panel surya, Anda perlu mempertimbangkan biaya instalasi. Konsultasikan pemasangan dengan Atonergi untuk menentukan biaya instalasi terbaik untuk Anda.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 × = 40