Head Pompa Air Tenaga Surya dan Cara Menghitungnya

Sumber: unsplash

Apakah Anda mencari cara yang lebih ramah lingkungan dan hemat biaya untuk memompa air? pompa air tenaga surya menjadi solusi yang Anda butuhkan. PATS adalah jenis pompa yang menggunakan tenaga surya untuk memompa air. Dalam artikel ini, akan membahas head pompa air tenaga surya dan cara menghitungnya. 

Pompa Air Tenaga Surya

PATS adalah jenis pompa yang bekerja dengan menggunakan energi surya. Pompa ini biasanya digunakan untuk memompa air dari sumur atau sumber air lainnya. PATS memiliki beberapa keunggulan bagi pemilik dan lingkungan sekitar, Berikut ini adalah keunggulan menggunakan PATS:

  1. Hemat biaya: PATS menggunakan energi surya yang gratis dan dapat mengurangi biaya listrik yang diperlukan untuk menggerakkan pompa.
  2. Ramah lingkungan: Karena PATS tidak menggunakan bahan bakar fosil, maka penggunaannya dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak negatif lainnya pada lingkungan.
  3. Tidak bergantung pada pasokan listrik: PATS dapat bekerja bahkan saat pasokan listrik terputus atau tidak tersedia.

Cara Menghitung Head Pompa Air Tenaga Surya

Head PATS adalah jarak antara kedalaman sumur dengan tandon penyimpanan air. Untuk menghitung head PATS, pertama-tama Anda perlu menentukan jarak terbawah air di sumur ke tandon secara vertikal ( static head) dan friction losses from pipe. Kemudian, Anda dapat menghitung head PATS yang dibutuhkan dengan rumus berikut:

Head PATS = static head + friction losses from pipe

Contoh perhitungan:

Anda ingin memompa 5.000 liter air per hari dari jarak terbawah air di sumur ke tandon adalah 10 meter dan friction losses from pipe adalah 3 meter.

Maka, head PATS yang dibutuhkan adalah:

Total head PATS = 10 + 3 = 13 meter

Dalam contoh ini, head pompa air tenaga surya Anda adalah 13 meter.

Penutup

Pompa air tenaga surya adalah alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya untuk memompa air dari sumur atau sumber air lainnya. Penting untuk mengetahui head pompa air tenaga surya untuk mengetahui jenis PATS yang tepat. Konsultasikan dan percayakan pemasangan PATS pada Atonergi.

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 6 = 1