Harga dan Spesifikasi Panel Surya Thin Film

Harga dan Spesifikasi Panel Surya Thin Film

sumber : canva

Panel surya thin film merupakan teknologi baru yang semakin populer di kalangan masyarakat. Panel surya jenis ini memiliki keunggulan dalam hal kemampuan menghasilkan listrik dan fleksibilitasnya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli panel ini, ada baiknya Anda memahami harga dan spesifikasinya.

Apa itu Panel Surya Thin Film?

Solar panel thin film merupakan jenis panel surya yang terbuat dari bahan-bahan tipis seperti film logam, film kaca, atau film silikon. Teknologi ini memungkinkan panel surya dapat diproduksi dalam bentuk yang lebih fleksibel dan ringan dibandingkan dengan panel surya konvensional.

Harga Solar Panel Thin Film

Harga solar panel thin film relatif lebih murah dibandingkan dengan konvensional. Namun, harga panel surya thin film bervariasi tergantung pada merek, kapasitas, dan kualitasnya. 

Spesifikasi Solar Panel Thin Film

Berikut adalah spesifikasi solar panel thin film yang perlu Anda ketahui:

  1. Daya: memiliki daya yang lebih rendah. Daya yang dihasilkan biasanya berkisar antara 70 hingga 100 watt.
  2. Efisiensi: Efisiensi cenderung lebih rendah dibandingkan dengan panel konvensional. Efisiensi yang dihasilkan biasanya berkisar antara 7 hingga 13%.
  3. Ukuran: Ukuran relatif lebih besar dibandingkan dengan panel konvensional dengan kapasitas yang sama.
  4. Berat: lebih ringan dibandingkan dengan panel surya konvensional. Berat yang dimiliki biasanya berkisar antara 1 hingga 2 kg.
  5. Ketahanan: lebih tahan terhadap kerusakan karena bahan yang digunakan lebih fleksibel dan tahan terhadap guncangan.

Keuntungan Menggunakan Panel Surya Thin Film

Berikut ini adalah keuntungan dari solar panel thin film:

  1. Fleksibilitas: lebih fleksibel dan dapat diproduksi dalam bentuk yang lebih bervariasi, seperti bentuk melengkung, sehingga memudahkan dalam pemasangan.
  2. Hemat Biaya Produksi: Proses produksi thin film membutuhkan bahan yang lebih sedikit dibandingkan sehingga lebih hemat biaya produksi.
  3. Tahan terhadap Cuaca Ekstrem: lebih tahan terhadap cuaca ekstrem seperti hujan, angin, dan salju.
  4. Menghasilkan Listrik Meskipun Dalam Kondisi Kurang Terang: dapat menghasilkan listrik meskipun dalam kondisi kurang terang.
  5. Lebih Ramah Lingkungan: membutuhkan emisi karbon yang lebih sedikit dibandingkan dengan panel surya konvensional.

Kelemahan Solar Panel Thin Film

Berikut ini adalah kekurangan dari solar panel thin film:

  1. Daya yang Lebih Rendah: memiliki daya yang lebih rendah sehingga membutuhkan lebih banyak panel surya untuk menghasilkan listrik yang sama.
  2. Efisiensi yang Lebih Rendah: Efisiensi lebih rendah sehingga tidak cocok untuk penggunaan pada area yang kurang terkena sinar matahari.
  3. Rentan terhadap Degradasi: lebih rentan terhadap degradasi selama waktu penggunaan, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih sering.

Penutup

Panel surya thin film merupakan salah satu alternatif dari sistem konvensional yang memiliki keunggulan dalam fleksibilitas dan hemat biaya produksi. Namun, panel jenis ini juga memiliki kelemahan dalam efisiensi dan daya yang lebih rendah. Oleh karena itu, konsultasikan rencana pilihan Anda pada Atonergi.

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 2 = 6