Cara Pasang Solar Panel 20 wp di Atap Rumah

Sumber: canva

Banyak orang mencari cara untuk mengurangi tagihan listrik mereka dan memperbaiki dampak mereka pada lingkungan. Salah satu cara terbaik untuk melakukan kedua hal ini adalah dengan memasang panel surya di atap rumah Anda. Di artikel ini, akan membahas cara pasang solar panel 20 wp di atap rumah.

Persiapan sebelum Memasang Panel Surya

Sebelum Anda memulai pemasangan panel surya, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Ini termasuk:

1. Mengevaluasi Kondisi Atap

Sebelum memasang panel surya, pastikan atap Anda dalam kondisi yang baik dan aman untuk dipasang. Pastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran pada atap Anda. 

2. Menentukan Lokasi Panel Surya

Anda harus menentukan lokasi panel surya di atap Anda. Pastikan bahwa panel surya Anda ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari secara maksimal sepanjang hari. Tidak hanya itu, juga pastikan panel surya tidak terhalang oleh apapun.

3. Memilih Panel Surya yang Tepat

Pastikan panel surya yang Anda pilih memiliki kapasitas yang tepat dan cocok dengan kebutuhan Anda. Untuk pemasangan panel surya 20 wp, pastikan Anda memilih panel surya dengan kapasitas yang sesuai.

Cara Pasang Solar Panel 20 wp di Atap Rumah

Setelah melakukan persiapan di atas, sekarang saatnya untuk memasang panel surya 20 wp di atap rumah Anda. Berikut adalah cara pasang solar panel 20 wp:

Langkah 1: Buat Penandaan pada Atap

Dalam langkah pertama ini, gunakan alat untuk membuat penandaan pada lokasi yang telah Anda tentukan untuk panel surya Anda. Gunakan meteran dan level untuk memastikan panel surya Anda dipasang secara rata.

Langkah 2: Pasang Sistem Penahan

Sistem penahan penting untuk menjaga panel surya Anda tetap aman dan terpasang secara kokoh di atap rumah Anda. Pastikan sistem penahan dipasang dengan kuat dan tepat.

Langkah 3: Pasang Panel Surya

Setelah sistem penahan terpasang dengan aman, saatnya untuk memasang panel surya. Ikuti petunjuk yang disediakan oleh produsen panel surya Anda. Pastikan panel surya dipasang dengan kuat dan tepat pada sistem.

Langkah 4: Sambungkan Kabel

Setelah panel surya terpasang dengan benar, sambungkan kabel panel surya ke inverter yang terletak di dalam rumah Anda. Pastikan kabel terpasang dengan aman dan kuat.

Langkah 5: Pasang Inverter

Pastikan inverter terpasang dengan benar dan sesuai dengan petunjuk yang disediakan oleh produsen.

Langkah 6: Sambungkan Inverter ke Listrik Rumah Anda

Setelah inverter terpasang dengan benar, sambungkan inverter ke listrik rumah Anda. Ini akan memungkinkan listrik yang dihasilkan oleh panel surya Anda mengalir ke rumah Anda.

Penutup

Dengan mengikuti panduan cara pasang solar panel 200 wp, Anda dapat memasang panel dengan mudah dan efektif. Namun pemasangan panel tidak semudah itu, dibutuhkan tenaga ahli. Oleh karena itu, percayakan pemasangan panel Anda pada Atonergi.

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 5 × = 15