Cara Merawat PJU-TS yang Baik

PJU-TS adalah sistem pencahayaan jalan yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi.  Dalam artikel ini, kami akan membahas cara merawat PJU-TS yang baik. Kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk memastikan sistem pencahayaan jalan ini tetap beroperasi dengan baik dan efisien.

Cara Merawat PJU-TS yang Baik

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk merawat PJU-TS dengan baik:

1. Memeriksa Panel Surya

Panel surya adalah komponen utama PJU-TS yang menghasilkan energi listrik dari sinar matahari. Untuk memastikan panel surya berfungsi dengan baik, Anda perlu memeriksanya secara berkala.

Pastikan tidak ada kerusakan fisik seperti retak atau pecah pada panel. Bersihkan panel dari debu dan kotoran dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air bersih.

2. Memeriksa Baterai

Baterai pada PJU-TS bertanggung jawab menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya. Untuk memeriksa baterai, pastikan tegangan dan kapasitasnya dalam kondisi yang baik.

Periksa juga apakah ada tanda-tanda korosi pada terminal baterai. Jika ada korosi, bersihkan dengan menggunakan larutan baking soda dan air.

3. Memeriksa Kabel dan Koneksi

Pastikan semua kabel dan koneksi pada PJU-TS terhubung dengan baik. Periksa apakah ada kerusakan pada kabel seperti sobek atau terkelupas. Pastikan juga koneksi antara panel surya, baterai, dan lampu jalan terpasang dengan baik.

Jika ada kabel yang rusak atau koneksi yang longgar, segera perbaiki atau ganti untuk mencegah gangguan dalam sistem.

sumber: canva

4. Menjaga Kebersihan Lampu Jalan

Lampu jalan pada PJU-TS perlu dijaga kebersihannya agar cahaya yang dihasilkan tetap optimal. Bersihkan lampu jalan secara berkala dengan menggunakan kain lembut dan larutan pembersih ringan. Hindari menggunakan bahan kimia yang keras karena dapat merusak permukaan lampu.

5. Memeriksa Sensor Cahaya

PJU-TS dilengkapi dengan sensor cahaya yang berfungsi untuk mengatur waktu penyaluran energi ke lampu jalan. Pastikan sensor cahaya berfungsi dengan baik dengan menguji responsivitasnya terhadap perubahan intensitas cahaya. Jika sensor cahaya tidak berfungsi, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

6. Melakukan Pemeliharaan Rutin

Selain memeriksa komponen-komponen utama, penting juga untuk melakukan pemeliharaan rutin secara keseluruhan. Hal ini meliputi pembersihan area sekitar PJU-TS dari dedaunan atau sampah yang dapat mengganggu kinerja sistem.

Periksa juga kondisi tiang penyangga dan pastikan tidak ada kerusakan yang mengancam kestabilan PJU-TS.

7. Menggunakan Proteksi Petir

PJU-TS rentan terhadap kerusakan akibat petir. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan proteksi petir yang tepat untuk melindungi sistem ini. Pasang perangkat penangkap petir pada tiang penyangga atau panel surya untuk mengalihkan arus petir secara aman ke tanah dan mencegah kerusakan pada PJU-TS.

Penutup

Jaga PJU-TS Anda dengan baik! Pelajari cara merawat PJU-TS yang baik agar awet dan berfungsi optimal. Kunjungi Atonergi sekarang untuk informasi lebih lanjut!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 6 = 1