Cara Mencegah Kerusakan Panel Surya di Rumah

Panel surya yang rusak akan mengurangi efisiensi dan bahkan dapat mempercepat kerusakan komponen lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah kerusakan panel surya di rumah. Simak tipsnya di bawah ini!

Mengapa Perlu Mencegah Kerusakan Panel Surya?

sumber: canva

Sebelum membahas cara mencegah kerusakan solar panel di rumah, mari kita lihat terlebih dahulu mengapa hal itu perlu dilakukan. Panel surya terdiri dari beberapa komponen, seperti sel surya, kabel, inverter, dan baterai. 

Jika salah satu komponen tersebut rusak, maka efisiensi panel surya akan menurun. Selain itu, kerusakan pada panel surya juga dapat menyebabkan masalah keamanan, seperti kebakaran atau ledakan.

Cara Mencegah Kerusakan Panel Surya di Rumah

Berikut adalah beberapa cara mencegah kerusakan solar panel di rumah:

1. Pilihlah Panel Surya yang Berkualitas

Panel surya yang berkualitas akan lebih tahan lama dan memiliki efisiensi yang lebih baik. Pastikan Anda memilih panel surya yang memiliki sertifikasi dan garansi dari produsen. Jangan hanya memilih panel surya yang murah, karena biasanya kualitasnya juga rendah.

2. Pasang Panel Surya dengan Benar

Pastikan panel surya dipasang oleh tenaga ahli yang berpengalaman. Pasanglah panel surya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan bebas dari bayangan. Selain itu, pastikan kabel dan komponen lainnya terpasang dengan benar dan aman.

3. Bersihkan Panel Surya secara Berkala

Panel surya yang kotor atau tertutup debu akan mengurangi efisiensi. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan panel surya secara berkala. Gunakan air dan spons lembut untuk membersihkannya. Jangan menggunakan bahan kimia atau benda tajam yang dapat merusak panel surya.

4. Periksa dan Lakukan Perawatan Rutin

Periksa panel surya secara rutin untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik. Lakukan perawatan rutin, seperti pemeriksaan dan penggantian kabel yang rusak, serta penggantian baterai yang sudah habis umur. Jangan menunda perawatan jika ada masalah yang terdeteksi.

5. Pasang Proteksi Arus Pendek

Arus pendek dapat menyebabkan kerusakan pada panel surya. Pasang proteksi arus pendek pada sistem listrik rumah Anda untuk mencegah kerusakan akibat arus pendek.

6. Pilihlah Inverter yang Sesuai

Inverter berfungsi untuk mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik yang digunakan untuk sistem listrik rumah. Pilihlah inverter yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas panel surya Anda untuk mencegah kerusakan pada panel surya.

Penutup

Anda ingin menjaga panel surya Anda tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan? Atonergi dapat membantu Anda! Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik dalam mencegah kerusakan panel surya di rumah Anda!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 7 + 3 =