Cara Membersihkan Panel Surya

Sumber: dokumen Atonergi

Solar panel adalah teknologi hijau yang semakin populer sebagai sumber energi alternatif. Namun, untuk memastikan solar panel berfungsi optimal dan memberikan efisiensi energi maksimum, perawatan yang tepat sangat penting. Artikel ini akan memberikan panduan cara membersihkan panel surya Anda dengan benar.

Cara Membersihkan Panel Surya

Membersihkan solar panel secara rutin adalah kunci untuk memaksimalkan kinerjanya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Periksa Kondisi Panel Surya

Sebelum memulai proses pembersihan, periksa kondisi solar panel secara keseluruhan. Pastikan tidak ada retak, goresan, atau kerusakan lain pada panel. Jika Anda menemukan kerusakan, segera hubungi teknisi terlatih untuk perbaikan.

2. Matikan Sumber Daya

Sebelum membersihkan solar panel, pastikan untuk mematikan sumber daya atau putuskan koneksi dengan inverter. Hal ini akan menghindari potensi kejutan listrik dan melindungi Anda dari cedera.

3. Pilih Waktu Pembersihan yang Tepat

Sebaiknya lakukan pembersihan di pagi atau sore hari ketika suhu lebih rendah. Menghindari pembersihan di bawah sinar matahari terik dapat membantu menghindari penguapan air yang cepat, yang dapat meninggalkan noda pada panel.

Baca juga artikel kami tentang Perbandingan PLTS: Pilih Terbaik untuk Pasang di Banyuwangi

4. Bersihkan dari Tanah

Jika solar panel mudah dijangkau, Anda dapat membersihkannya dari tanah dengan peralatan pembersih yang lembut. Gunakan sabun ringan atau larutan cuka yang dicampur dengan air untuk membersihkan kotoran dan debu.

5. Gunakan Alat Pembersih yang Tepat

Untuk membersihkan solar panel yang tinggi atau sulit dijangkau, gunakan alat pembersih teleskopik dengan spons lembut. Hindari menggunakan alat berat atau sikat yang bisa merusak permukaan panel.

6. Keringkan dengan Kain Mikrofiber

Setelah membersihkan solar panel, keringkan dengan kain mikrofiber bersih untuk menghilangkan sisa air dan noda. Pastikan tidak ada residu yang tersisa.

7. Periksa Kembali Setelah Pembersihan

Setelah selesai membersihkan, periksa solar panel lagi untuk memastikan tidak ada kotoran atau noda yang terlewat. Pastikan semua konektor dan kabel terpasang dengan baik.

8. Pantau Kinerja Panel Surya

Setelah membersihkan solar panel, pantau kinerjanya secara teratur. Perhatikan apakah ada peningkatan produksi energi setelah pembersihan.

Penutup

Merawat solar panel dengan benar adalah langkah penting untuk memastikan efisiensi energi maksimum dan masa pakai yang lebih lama. Dengan mengikuti panduan cara membersihkan panel surya ini, Anda dapat dengan mudah membersihkan solar panel. Percayakan perawatan solar panel kepada Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 7 = 28