Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya

Sumber: canva

Dengan kemajuan teknologi, pemanfaatan energi surya semakin mudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah PATS. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai biaya pemasangan pompa air tenaga surya dan manfaatnya bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

Apa itu Pompa Air Tenaga Surya?

PATS adalah alat yang dapat menghasilkan air bersih dengan menggunakan energi surya. Pompa ini terdiri dari panel surya, pompa air, dan sistem kontrol yang dapat mengubah energi matahari menjadi tenaga listrik yang diperlukan untuk menggerakkan pompa air. 

Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya

Biaya instalasi PATS dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran pompa, kapasitas panel surya, dan jarak antara panel surya dan pompa air. 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi biaya instalasi PATS:

  • Ukuran Pompa: Semakin besar ukuran pompa, semakin mahal harga PATS tersebut.
  • Kapasitas Panel Surya: Semakin besar kapasitas panel surya, semakin mahal harganya. Namun, kapasitas panel surya yang lebih besar juga dapat menghasilkan daya yang lebih besar dan dapat menggerakkan pompa air dengan lebih cepat.
  • Jarak antara Panel Surya dan Pompa Air: Semakin jauh jarak antara panel surya dan pompa air, semakin banyak kabel yang dibutuhkan untuk menghubungkan keduanya. Hal ini akan meningkatkan biaya instalasi PATS.

Keuntungan Jangka Panjang Menggunakan Pompa Air Tenaga Surya

Menggunakan PATS memiliki keuntungan jangka panjang yang dapat diperoleh, di antaranya:

  • Hemat Biaya: Dengan menggunakan PATS, pengguna tidak perlu membayar tagihan listrik atau membeli bahan bakar untuk menggerakkan pompa air. Hal ini akan sangat menghemat biaya operasional.
  • Mendukung Lingkungan: Dengan menggunakan PATS, pengguna turut serta dalam memelihara lingkungan hidup karena tidak menghasilkan emisi karbon dioksida atau mengkonsumsi bahan bakar fosil.
  • Kemandirian Energi: Menggunakan PATS akan membantu masyarakat dalam menciptakan kemandirian energi. Dengan memanfaatkan energi surya, masyarakat dapat menghasilkan energi sendiri tanpa perlu bergantung pada sumber daya energi dari pihak lain.
  • Umur Panjang: PATS memiliki umur panjang dan memerlukan biaya perawatan yang minimal, sehingga dapat digunakan selama bertahun-tahun tanpa perlu penggantian yang sering.

Penutup

PATS merupakan solusi yang efektif dan efisien dalam menggerakkan pompa air tanpa memerlukan listrik atau bahan bakar. Meskipun biaya pemasangan pompa air tenaga surya lebih tinggi daripada pompa air konvensional, namun memiliki keuntungan jangka panjang. Percayakan pemasangan PATS Anda pada Atonergi!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 61 = 64