Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya

Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya

Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya
sumber: pixabay

Sebelum memutuskan untuk memasang PATS, pastikan untuk memahami biaya pemasangan PATS terlebih dahulu. Artikel ini akan membahas mengenai biaya pemasangan pompa air tenaga surya serta manfaat yang didapatkan.

Biaya Pemasangan PATS

Pemasangan pompa ini memang membutuhkan biaya awal yang cukup besar. Namun, investasi ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi Anda. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pemasangan pompa air tenaga surya:

1.Ukuran pompa air

Ukuran pompa air yang dibutuhkan tergantung pada kebutuhan air Anda. Semakin besar kebutuhan air, semakin besar ukuran pompa air yang dibutuhkan. Harga pompa air tenaga surya akan semakin mahal jika ukuran pompa air yang dibutuhkan semakin besar.

2.Kualitas pompa air

Kualitas pompa air ini juga mempengaruhi biaya pemasangan. Pompa air tenaga surya dengan kualitas yang lebih baik akan memiliki harga yang lebih mahal.

3.Jumlah panel surya

Jumlah panel surya yang dibutuhkan tergantung pada ukuran pompa air dan kebutuhan energi. Semakin besar pompa air dan semakin besar kebutuhan energi, maka semakin banyak panel surya yang dibutuhkan. Semakin banyak panel surya yang dibutuhkan, semakin mahal biaya pemasangan.

4.Lokasi pemasangan

Lokasi pemasangan pompa ini juga mempengaruhi biaya pemasangan. Jika lokasi pemasangan sulit dijangkau, maka biaya pemasangan akan lebih mahal.

Dari faktor-faktor di atas, biaya pemasangan pompa air ini dapat bervariasi. Namun, secara umum, biaya pemasangan PATS berkisar antara 10 juta hingga 20 juta rupiah.

Manfaat Pemasangan PATS

Setelah mengetahui biaya pemasangan pompa air tenaga surya, berikut adalah beberapa manfaat yang dapat didapatkan dengan memasang pompa air tenaga surya:

1.Menghemat biaya listrik

Dengan memasang pompa air tenaga surya, Anda dapat menghemat biaya tagihan listrik anda.

2.Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan pompa air tenaga surya, Anda turut serta dalam menjaga lingkungan. Anda tidak lagi bergantung pada listrik yang berasal dari sumber energi fosil yang dapat merusak lingkungan. Selain itu, penggunaan pompa air tenaga surya juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

3.Tidak bergantung pada pasokan listrik

Pompa air tenaga surya tidak membutuhkan pasokan listrik untuk beroperasi. Ini berarti, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi pemadaman listrik. Anda tetap dapat menggunakan pompa air tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan air Anda.

4.Tidak memerlukan perawatan yang rumit

Pompa air tenaga surya tidak memerlukan perawatan yang rumit. Panel surya dan pompa air hanya perlu dibersihkan secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik.

Penutup

Meskipun biaya pemasangan pompa air tenaga surya memang cukup mahal, namun investasi ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi Anda. Jika anda ingin memasang PATS ini, Hubungi Atonergi jasa pasang PATS yang sudah terpercaya dan berpengalaman.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 35 − 30 =