Biaya Pemasangan PLTS Atap Terbaru: Semakin Terjangkau  

Biaya listrik yang semakin mahal menjadi masalah dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, banyak yang mencari alternatif energi, salah satunya adalah memasang PLTS di atap rumah atau bangunan. Namun, seringkali masalah biaya pemasangan PLTS atap menjadi kendala yang ingin beralih ke energi surya. 

Teknologi Terkini dalam PLTS Atap Terbaru

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini ada beberapa teknologi terkini dalam PLTS atap terbaru yang dapat membantu menekan biaya pemasangan. Berikut adalah beberapa teknologi tersebut:

1. Teknologi Panel Surya yang Lebih Efisien

Solar panel terus berkembang, dan saat ini sudah banyak diproduksi panel surya dengan efisiensi yang lebih tinggi. Dengan panel surya yang lebih efisien, maka dibutuhkan lebih sedikit panel untuk menghasilkan jumlah listrik yang sama, sehingga biaya pemasangan dapat ditekan.

2. Baterai Surya yang Lebih Awet

Komponen penting dalam PLTS atap lainnya adalah baterai. Baterai berfungsi untuk menyimpan energi yang dihasilkan panel surya untuk digunakan saat malam hari atau saat cuaca tidak cerah. Saat ini, sudah ada baterai dengan daya tahan yang lebih lama dan biaya pemeliharaannya lebih rendah.

3. Sistem Monitoring yang Lebih Efektif

PLTS atap juga membutuhkan sistem monitoring yang semakin canggih, sehingga dapat membantu dalam mengoptimalkan penggunaan energi. Misalnya, sistem monitoring yang dapat mengatur penggunaan listrik pada saat jam-jam tertentu, sehingga pengguna dapat menghemat biaya listrik.

Biaya Pemasangan PLTS Atap Terbaru

Setelah mengetahui beberapa teknologi terkini dalam PLTS atap, berapa biaya instalasi yang diperlukan? Berikut adalah perkiraan biaya instalasi solar panel:

1. Biaya Pemasangan PLTS Atap untuk Rumah Sederhana

Untuk rumah sederhana dengan kebutuhan listrik sekitar 900-1000 watt, maka dibutuhkan sekitar 6-8 panel surya dengan total daya 1500 watt. Untuk biaya per solar panel tergantung jenis dan kualitas solar panel yang digunakan.

2. Biaya Pemasangan PLTS Atap untuk Rumah yang Lebih Besar

Untuk rumah yang lebih besar dengan kebutuhan listrik yang lebih tinggi, maka jumlah panel surya yang dibutuhkan tentu lebih banyak, sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih besar. 

Namun, perlu diingat bahwa biaya instalasi solar panel juga tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, aksesibilitas, dan jenis atap yang digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan penyedia jasa instalasi solar panel untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat.

Penutup

Memasang solar panel dapat menjadi alternatif energi yang terjangkau dan ramah lingkungan. Dengan teknologi terkini yang semakin canggih, biaya pemasangan PLTS atap dapat semakin ditekan. Konsultasikan anggaran Anda pada Atonergi untuk memperkirakan biaya instalasi solar panel Anda.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 × = 32