Biaya Pemasangan Panel Surya di Rumah: Panduan Lengkap

Sumber: canva

Apakah Anda sedang mencari cara untuk menghemat biaya listrik dan mengurangi dampak lingkungan dari konsumsi energi Anda? Pemasangan solar panel di rumah Anda bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam panduan lengkap ini, akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang biaya pemasangan panel surya di rumah.

Kenapa Memasang Solar Panel di Rumah?

Berikut adalah beberapa manfaat dari memasang solar panel di rumah Anda:

  1. Menghemat uang: Salah satu manfaat utama adalah menghemat uang dalam jangka panjang. Setelah sistem dipasang, Anda dapat mengurangi tagihan listrik secara signifikan atau bahkan sepenuhnya tergantung pada ukuran sistem dan penggunaan energi Anda.
  2. Meningkatkan nilai rumah Anda: Memasang solar panel di rumah Anda dapat meningkatkan nilai rumah Anda. Ini adalah investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan nilai properti Anda.
  3. Ramah lingkungan: Instalasi solar panel di rumah juga merupakan cara yang ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan energi Anda. Juga membantu mengurangi dampak lingkungan dari konsumsi energi Anda.

Kerugian Memasang Solar Panel di Rumah

Namun, selain manfaat, ada beberapa kerugian yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memasang solar panel di rumah Anda:

  1. Biaya awal yang tinggi: Biaya awal instalasi solar panel bisa menjadi salah satu kerugian terbesar. Meskipun biaya sistem solar panel telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, biaya awal tetaplah cukup besar.
  2. Tergantung pada cuaca: Solar panel menghasilkan energi dari sinar matahari, yang berarti bergantung pada cuaca yang cerah untuk menghasilkan energi yang optimal. 
  3. Membutuhkan ruang: Solar panel membutuhkan ruang yang cukup untuk dipasang di atap rumah Anda. Jika atap Anda kecil atau tidak memiliki cukup ruang untuk sistem yang cukup besar, ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda.

Biaya Pemasangan Panel Surya di Rumah

Biaya pemasangan panel surya di rumah bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran sistem, jenis solar panel dan biaya instalasi. Berikut adalah perkiraan biaya instalasi solar panel:

  1. Biaya Solar Panel: sekarang dapat dibeli dengan harga mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta tergantung pada ukuran dan kualitas panelnya 
  2. Biaya Inverter: Biaya inverter dapat berkisar dari beberapa juta hingga puluhan juta.
  3. Biaya Baterai: Jika Anda ingin menyimpan energi yang dihasilkan oleh solar panel Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli baterai untuk menyimpan energi. 
  4. Biaya Instalasi: Biaya instalasi bisa bervariasi tergantung pada ukuran sistem Anda dan kompleksitas instalasi. Biaya instalasi biasanya mencakup biaya tenaga kerja dan bahan instalasi.

Penutup

Instalasi solar panel di rumah Anda dapat menjadi investasi yang baik dalam jangka panjang. Namun, pastikan untuk memilih sistem solar panel yang tepat dan memperhitungkan biaya pemasangan panel surya. Konsultasikan sistem yang tepat dengan anggaran Anda pada Atonergi.

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 4 = 2