Biaya Atap PLTS: Perhitungan dan Tips untuk Mengoptimalkan Investasi Anda

Sumber: canva

Anda mungkin sudah akrab dengan energi matahari dan potensinya sebagai energi terbarukan. Panel surya menjadi pilihan yang populer untuk memanfaatkan sinar matahari menjadi listrik untuk kebutuhan rumah dan bisnis. Biaya atap PLTS menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan memasangnya.

Biaya Atap PLTS: Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Ukuran sistem PLTS yang Anda butuhkan akan berdampak langsung pada biaya. Semakin besar sistemnya, semakin banyak panel surya yang diperlukan, yang pada gilirannya akan meningkatkan biaya proyek.
  2. Panel surya berkualitas tinggi mungkin memiliki biaya awal yang lebih tinggi, tetapi mereka umumnya lebih efisien dan tahan lama. Dalam jangka panjang, panel surya berkualitas tinggi dapat membantu Anda menghemat uang.
  3. Biaya pemasangan atap PLTS juga harus dipertimbangkan. Jika Anda menggunakan jasa instalasi profesional, biaya ini mungkin termasuk dalam perhitungan. Namun, jika Anda memilih untuk memasangnya sendiri, Anda harus memperhitungkan waktu dan upaya yang diperlukan.
  4. Jika Anda ingin menyimpan energi yang dihasilkan oleh sistem PLTS, Anda mungkin perlu mempertimbangkan biaya sistem penyimpanan energi tambahan seperti baterai. Biaya ini juga perlu dipertimbangkan dalam perhitungan keseluruhan.

Perhitungan Biaya Atap PLTS

Langkah-langkah ini akan membantu Anda memperkirakan biaya secara keseluruhan.

Langkah 1: Tentukan Kebutuhan Energi Anda

Anda perlu menentukan berapa banyak energi yang dibutuhkan oleh rumah tangga atau bisnis Anda setiap bulan. Anda dapat melihat tagihan listrik Anda yang lalu sebagai referensi. Pastikan untuk memperhitungkan fluktuasi konsumsi energi selama musim panas atau musim dingin.

Langkah 2: Tentukan Ukuran Sistem PLTS yang Diperlukan

Setelah mengetahui kebutuhan energi bulanan Anda, Anda dapat mengestimasi ukuran sistem PLTS yang diperlukan. Perhatikan bahwa ini hanyalah perkiraan awal dan sebaiknya dikonsultasikan dengan penyedia jasa energi surya yang terpercaya.

Langkah 3: Konsultasikan dengan Penyedia Jasa PLTS

Setelah Anda memiliki perkiraan awal tentang ukuran sistem PLTS yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan penyedia jasa PLTS. Mereka akan dapat memberikan estimasi biaya yang lebih akurat berdasarkan kebutuhan dan kondisi spesifik Anda.

Langkah 4: Hitung Perkiraan Biaya

Setelah mendapatkan semua informasi yang relevan, Anda dapat mulai menghitung perkiraan biaya. Anda harus mempertimbangkan biaya panel surya, biaya pemasangan, biaya sistem penyimpanan energi (jika ada), dan faktor lain seperti biaya perizinan atau konsultasi teknis.

Penutup

Memasang atap PLTS adalah langkah yang cerdas menuju penggunaan energi terbarukan dan mengurangi biaya listrik jangka panjang. Dalam artikel ini, telah membahas perhitungan biaya atap PLTS. Jangan ragu untuk menghubungi Atonergi akan membantu Anda menentukan sistem yang tepat sesuai anggaran Anda!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 × = 6