Berapa Sering Baterai PLTS Perlu Dirawat?

sumber: dokumen Atonergi

Jika Anda memiliki sistem panel surya di rumah atau bisnis Anda, Anda pasti ingin memastikan baterai PLTS Anda berfungsi secara optimal dan memiliki masa pakai yang panjang. Baterai PLTS yang dirawat dengan baik akan memberikan kinerja terbaiknya. Artikel ini membahas frekuensi perawatan baterai PLTS.

Frekuensi Perawatan Baterai PLTS

Penting untuk dipahami bahwa perawatan baterai PLTS tidak bersifat satu ukuran cocok untuk semua. Banyak faktor yang mempengaruhi seberapa sering baterai perlu dirawat, termasuk jenis baterai, ukuran sistem, penggunaan energi harian, lingkungan, dan perangkat pengatur daya yang digunakan. 

Namun, ada beberapa panduan umum yang dapat diikuti untuk memastikan baterai PLTS Anda berfungsi dengan baik:

1. Cek Kondisi Fisik Secara Berkala

Pastikan untuk secara berkala memeriksa kondisi fisik baterai PLTS Anda. Periksa apakah ada kerusakan fisik atau kebocoran pada baterai. Jika Anda menemukan masalah seperti ini, segera ambil tindakan untuk memperbaikinya atau mengganti baterai yang rusak.

2. Perhatikan Kapasitas Baterai

Pantau kapasitas baterai secara berkala. Beberapa baterai PLTS modern dilengkapi dengan sistem pemantauan kapasitas yang akan memberi tahu Anda tentang kesehatan baterai. Pastikan kapasitas baterai tetap berada dalam rentang normal. 

Baca juga artikel kami tentang Pemasangan PLTS di Surabaya: Solusi Energi Berkelanjutan

3. Lakukan Pemeriksaan Tegangan

Pemeriksaan tegangan baterai juga penting untuk memastikan kinerja yang optimal. Tegangan baterai harus tetap stabil dan sesuai dengan spesifikasi produsen. Jika tegangan baterai tidak stabil, periksa sistem pengatur daya dan pastikan tidak ada masalah yang mempengaruhi tegangan baterai.

4. Bersihkan Baterai Secara Rutin

Bersihkan baterai secara rutin dari debu, kotoran, atau tumpahan bahan kimia. Pastikan permukaan baterai tetap bersih dan kering untuk mencegah gangguan dan kerusakan akibat korosi.

5. Hindari Overcharge dan Deep Discharge

Jangan biarkan baterai terlalu lama terisi penuh atau terlalu lama dibiarkan hampir kosong. Overcharge dan deep discharge dapat merusak baterai dan mempengaruhi masa pakainya. Gunakan sistem pengatur daya yang tepat untuk menghindari masalah ini.

6. Lakukan Kalibrasi Secara Teratur

Lakukan kalibrasi baterai secara teratur, terutama jika sistem pengatur daya menggunakan teknologi yang lebih tua. Kalibrasi membantu menjaga akurasi pengukuran kapasitas baterai dan meningkatkan kinerja keseluruhan.

7. Periksa Sistem Keamanan

Pastikan sistem keamanan pada baterai PLTS berfungsi dengan baik. Sistem keamanan melindungi baterai dari kondisi yang berpotensi merusak, seperti arus lebih tinggi atau suhu yang ekstrim.

8. Ganti Baterai Sesuai Pedoman Produsen

Jika baterai PLTS sudah mencapai batas usia tertentu atau telah digunakan selama periode yang direkomendasikan oleh produsen, pertimbangkan untuk menggantinya dengan baterai yang baru. Ganti baterai sesuai dengan pedoman produsen untuk memastikan kinerja yang optimal.

Penutup

Merawat baterai PLTS adalah kunci untuk memastikan kinerja sistem panel surya yang optimal dan masa pakai yang panjang. Frekuensi perawatan baterai PLTS tergantung beberapa faktor di atas. Konsultasikan saja sekarang kepada Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 4 = 2