Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya di Rumah, Hitung Sekarang! 

biaya pemasangan pompa air tenaga surya
Sumber: canva

Berapa Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya di Rumah? Itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang yang ingin beralih ke energi terbarukan untuk kebutuhan air di rumah. PATS adalah salah satu alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya karena menggunakan tenaga matahari.

Tips Memilih Pompa Air Tenaga Surya

Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat dilakukan sebelum memilih PATS.

1. Tentukan Kapasitas Pompa yang Dibutuhkan

Pertama perlu diketahui berapa kapasitas pompa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan air harian. Kapasitas pompa diukur dalam satuan liter per menit (LPM) atau gallon per menit (GPM). Kapasitas pompa yang dibutuhkan tergantung pada jumlah penghuni rumah, kebutuhan air sehari-hari.

2. Perhatikan Kualitas Air

Selanjutnya perlu memperhatikan kualitas air di lokasi rumah. Jika airnya berasal dari sumur atau sumber air yang tidak terlalu jernih, maka perlu dipasang filter air terlebih dahulu agar tidak merusak pompa. Pompa air tenaga surya yang digunakan juga harus tahan terhadap kerak dan karat yang terdapat pada air.

3. Pilih PATS yang Berkualitas

Pilihlah PATS yang berkualitas dengan merek terpercaya dan sudah terbukti kinerjanya. Hindari memilih PATS yang murah dan belum jelas asal usulnya, karena bisa saja kualitasnya tidak baik dan cepat rusak.

4. Pastikan PATS Sesuai dengan Kebutuhan

Pilihlah PATS yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lokasi rumah. Jangan memilih PATS yang kapasitasnya terlalu kecil atau terlalu besar, karena akan mempengaruhi efisiensi dan kinerja pompa.

Menghitung Biaya Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya

Setelah memilih PATS yang sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya adalah menghitung biaya pemasanganPATS di rumah.

Untuk menghitung biaya instalasi PATS di rumah, perlu memperhatikan beberapa faktor seperti berikut:

1. Harga PATS

Harga PATS bervariasi tergantung pada merek, kapasitas, dan kualitasnya. 

2. Biaya Instalasi

Biaya instalasi pompa air tenaga surya meliputi biaya tenaga kerja, material, dan perlengkapan yang digunakan selama proses pemasangan. 

3. Biaya Maintenance

Selain biaya instalasi, perlu juga mempertimbangkan biaya maintenance atau perawatan PATS. Biaya maintenance PATS tidak terlalu besar, tetapi perlu dilakukan secara rutin agar pompa tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Penutup

PATS adalah salah satu alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya untuk kebutuhan air di rumah. Sebelum memilih PATS, perlu mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pemasangan pompa air tenaga surya. Konsultasikan pada Atonergi anggaran Anda.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 5 × = 10