Bagaimana Cara Kerja Pompa Air Sumur Tenaga Surya?

Pompa air sumur tenaga surya adalah sebuah solusi yang sangat efektif untuk memompa air tanpa memerlukan listrik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai bagaimana cara kerja PATS dan keuntungannya.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Air Sumur Tenaga Surya?

PATS bekerja dengan memanfaatkan sinar matahari untuk menggerakkan pompa air. Berikut adalah langkah-langkah yang terjadi dalam proses kerja PATS:

  1. Panel Surya mengumpulkan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik DC (Direct Current).
  2. Kontroler mengatur jumlah daya listrik yang dibutuhkan oleh pompa air dan mengonversi listrik DC menjadi listrik AC (Alternating Current) yang dibutuhkan oleh motor pompa air.
  3. Motor pompa air menggerakkan impeller yang memindahkan air dari sumur ke tangki air atau ke tempat yang diinginkan.

Keuntungan Menggunakan Pompa Air Sumur Tenaga Surya

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan PATS:

1. Hemat Biaya

PATS menggunakan energi surya yang gratis dan tidak memerlukan biaya listrik tambahan. Selain itu, biaya pemeliharaan pompa air tenaga surya juga relatif lebih rendah dibandingkan dengan pompa air listrik.

2. Ramah Lingkungan

PATS tidak menghasilkan polusi udara atau suara yang berarti, sehingga ramah lingkungan dan lebih baik untuk kesehatan.

3. Mudah Dioperasikan dan Dapat Dipindahkan

PATS mudah dioperasikan dan tidak memerlukan teknisi khusus untuk memasangnya. Selain itu, PATS juga dapat dipindahkan ke lokasi yang berbeda jika diperlukan.

Bagaimana Memilih PATS yang Tepat?

Memilih PATS yang tepat sangat penting untuk memastikan pompa air dapat bekerja secara optimal dan memenuhi kebutuhan pengguna. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih PATS:

1. Kedalaman Sumur

Kedalaman sumur dapat mempengaruhi PATS yang dipilih. Pastikan memilih pompa air yang dapat bekerja pada kedalaman sumur yang tepat.

2. Jumlah Air yang Dibutuhkan

Jumlah air yang dibutuhkan setiap hari juga perlu dipertimbangkan saat memilih PATS. Pastikan memilih pompa air yang dapat memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

3. Daya Listrik

Pastikan memilih pompa air yang sesuai dengan daya listrik yang tersedia dari panel surya yang digunakan. Pompa air yang membutuhkan daya listrik terlalu tinggi mungkin tidak cocok dengan panel surya yang ada.

Penutup

Ingin memanfaatkan energi matahari untuk memompa air dari sumur tanpa listrik? Atonergi hadir dengan solusi pompa air sumur tenaga surya yang hemat biaya dan ramah lingkungan!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 3 = 21