Apa Perbedaan Antara Lampu PJU TS dan Lampu PJU Biasa?

Apa Perbedaan Antara Lampu PJU TS dan Lampu PJU Biasa?

Apa Perbedaan Antara Lampu PJU TS dan Lampu PJU Biasa?
sumber: canva

Dalam dunia pencahayaan jalan, ada dua jenis lampu PJU yang sering digunakan: lampu PJU TS dan lampu PJU biasa. Kedua jenis lampu ini memiliki perbedaan dalam hal fitur dan keunggulan masing-masing. 

Artikel ini akan menjelaskan secara rinci apa perbedaan antara lampu PJU TS dan lampu PJU biasa, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk kebutuhan pencahayaan jalan Anda.

Apa Perbedaan Antara PJU TS dan PJU Biasa?

PJU TS  dan PJU biasa (listrik grid) memiliki perbedaan dalam beberapa aspek kunci. Berikut adalah perbedaan-perbedaan tersebut:

1. Sumber Energi

PJU TS menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi utamanya, sedangkan lampu PJU biasa menggunakan listrik dari jaringan grid. 

PJU TS dilengkapi dengan panel surya yang menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik yang digunakan untuk pencahayaan jalan. Di sisi lain, lampu PJU biasa membutuhkan pasokan listrik dari jaringan utama.

2. Ketergantungan pada Sumber Energi Eksternal

PJU TS tidak tergantung pada sumber energi eksternal seperti pasokan listrik dari jaringan grid. Mereka dapat bekerja secara mandiri dengan menggunakan tenaga surya yang tersedia. 

Di sisi lain, lampu PJU biasa membutuhkan pasokan listrik yang terus-menerus dari jaringan grid. Jika ada pemadaman listrik, lampu PJU biasa akan mati, sementara PJU TS tetap menyala berkat sumber energi yang independen.

3. Keunggulan Lingkungan

PJU TS lebih ramah lingkungan daripada lampu PJU biasa. Mereka mengurangi ketergantungan pada sumber daya fosil dan emisi karbon dengan menggunakan tenaga surya yang bersih dan terbarukan. 

Dalam jangka panjang, penggunaan PJU TS dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

4. Biaya Operasional

Sistem ini memiliki biaya operasional yang lebih rendah dalam jangka panjang dibandingkan dengan lampu PJU biasa. Meskipun biaya awal instalasi PJU TS mungkin lebih tinggi, mereka tidak memerlukan biaya listrik bulanan karena menggunakan tenaga surya. 

5. Keandalan dan Pemeliharaan

PJU TS cenderung lebih andal dalam jangka panjang karena mereka tidak tergantung pada pasokan listrik yang dapat terganggu. Mereka dapat terus menyala bahkan dalam kondisi cuaca buruk atau pemadaman listrik. 

Selain itu, PJU TS juga membutuhkan pemeliharaan yang lebih sedikit dibandingkan dengan lampu PJU biasa. Mereka tidak memerlukan penggantian baterai secara berkala seperti lampu PJU biasa dan memiliki umur lebih panjang.

Penutup

Ketika memilih antara lampu PJU TS dan lampu PJU biasa, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi spesifik dari proyek pencahayaan jalan Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan Atonergi jika berminat memasang lampu PJU TS.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 8 = 8