Pompa Air Tenaga Surya Ramah Lingkungan, Apa Itu?

Pompa air tenaga surya ramah lingkungan
Sumber: canva

Pompa air tenaga surya ramah lingkungan adalah jenis pompa yang menggunakan surya sebagai sumber daya energinya. Pompa air ini dapat digunakan untuk mengambil air dari sumur atau sumber air lainnya dan memompanya ke tempat yang diinginkan. 

Bagaimana Pompa Air Tenaga Surya Ramah Lingkungan Bekerja?

PATS bekerja dengan cara mengubah energi dari matahari menjadi listrik yang kemudian digunakan untuk mengoperasikan pompa air. Pompa ini terdiri dari beberapa komponen, termasuk panel surya, pump water, dan kontroler. 

Kelebihan PATS Ramah Lingkungan

PATS mempunyai banyak kelebihan, antara lain:

  • Ramah Lingkungan:PATS menggunakan sumber daya yang terbarukan dan tidak menghasilkan emisi karbon yang berbahaya.
  • Hemat Energi: PATS menghasilkan energi dari sinar matahari, yang berarti tidak memerlukan sumber daya listrik tambahan.
  • Hemat Biaya: Dengan tidak memerlukan biaya listrik tambahan, PATS dapat menghemat biaya secara signifikan, terutama bagi yang tinggal di daerah terpencil atau sulit dijangkau oleh jaringan listrik utama.

Jenis-Jenis PATS

Ada beberapa jenis PATS yang tersedia di pasaran. Beberapa jenis tersebut antara lain:

  1. PATS permukaan
  2. PATS submersible
  3. PATS kombinasi

Setiap jenis PATS mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pilihlah jenis PATS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Memilih PATS Ramah Lingkungan

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih PATS:

  • Kebutuhan Air: Pastikan Anda memilih PATS yang sesuai dengan kebutuhan air Anda. Jangan memilih pompa air yang terlalu kecil atau terlalu besar untuk kebutuhan Anda.
  • Kualitas Produk: Pastikan Anda memilih PATS yang berkualitas dan tahan lama. Carilah merek yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di pasar.
  • Efisiensi Energi: Pastikan Anda memilih PATS yang efisien secara energi untuk menghemat biaya listrik Anda.
  • Ketersediaan Suku Cadang: Pastikan Anda memilih PATSa yang suku cadangnya mudah didapatkan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan dan perbaikan jika diperlukan.

Apa Saja Kendala yang Dihadapi Ketika Menggunakan PATS?

Meskipun PATS memiliki banyak keuntungan, namun ada beberapa kendala yang dapat dihadapi ketika menggunakannya, antara lain:

  • Keterbatasan Daya: PATS hanya dapat bekerja pada saat sinar matahari tersedia, sehingga membatasi penggunaannya pada saat cuaca cerah.
  • Biaya Awal yang Tinggi: PATS memerlukan biaya awal yang tinggi untuk membeli dan menginstalnya.
  • Memerlukan Ruang yang Cukup: Panel surya yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik memerlukan ruang yang cukup, yang dapat menjadi kendala jika lahan terbatas.

Penutup

PATS ramah lingkungan merupakan solusi untuk menjaga bumi dan hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan water tanpa harus bergantung pada listrik dari jaringan PLN. Mari beralih menggunakan PATS untuk kebutuhan air Anda melalui bantuan instalasi Atonergi!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 30 − = 27