Meteran Listrik Error? Ini penyebab dan solusinya!

Tiap bangunan atau hunian yang terakses dengan jaringan listrik nasional pasti memiliki meteran listrik. Fungsi meteran listrik adalah untuk menghitung besaran daya listrik pada bangunan atau hunian. Perannya yang krusial tidak membuat meteran listrik aman dari masalah atau error. Meteran listrik yang bermasalah atau error dapat menyebabkan penghitungan besaran daya yang tidak akurat dan berdampak pada tagihan listrik bulanan Anda. 

Penyebab Meteran Listrik Error

Walaupun meteran listrik error dapat terjadi kepada pelanggan listrik prabayar maupun pascabayar, tetapi pelanggan listrik prabayar akan lebih sering menemui permasalahan ini. Berikut adalah beberapa masalah pada meteran listrik yang sering ditemui: 

Terlalu sering salah memasukkan kode 

Pelanggan listrik prabayar perlu memasukkan kode token tiap melakukan pengisian ulang listriknya. Nah, kesalahan dalam memasukkan kode token sebanyak tiga kali akan membuat meteran listrik secara otomatis terblokir. Jika hal ini terjadi saat token telah habis, maka bangunan atau hunian Anda akan mengalami mati listrik. 

Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi kode token di meteran listrik dengan teliti dan hati-hati agar hal tersebut tidak terjadi. 

Pengisian daya listrik yang berlebihan

Jenis kesalahan yang kedua ini merupakan kesalahan yang hanya dapat terjadi pada pelanggan listrik prabayar. 

Untuk pengguna listrik prabayar, PLN telah menetapkan batas maksimum pengisian daya listrik menggunakan token yang bertujuan agar pelanggan bisa menggunakan listrik sesuai kebutuhan. Jadi, ketika pengguna listrik prabayar mengisi daya listrik yang lebih dari kebutuhan, maka hal ini akan berpotensi menyebabkan meteran listrik bermasalah atau error. 

Instalasi listrik yang buruk

Instalasi listrik yang buruk mengakibatkan berbagai permasalahan seperti meteran listrik error sampai korsleting listrik. Oleh karena itu, percayakan instalasi listrik Anda hanya kepada ahlinya. 

Mesin meteran listrik yang bermasalah

Mesin meteran yang muncul tulisan ‘Blocked’ atau gambar telapak tangan menunjukkan bahwa mesin meteran sedang bermasalah. Jika mengalami hal ini, Anda bisa segera menghubungi PLN melalui Call Center 123.

Server PLN bermasalah 

Mesin meteran listrik yang bermasalah tersebut dapat terjadi ketika server PLN memang sedang bermasalah. Hal ini karena tiap meteran listrik pastinya terhubung dengan server utama PLN. Jadi, ketika server utama milik PLN bermasalah, maka pastinya meteran listrik yang tersambung dengan server utama tersebut ikut terpengaruh. 

Jika hal ini terjadi, pengguna listrik hanya perlu menunggu sampai server kembali normal. 

Baca Juga : Awas! Ini akibat jika Telat Bayar Listrik

    Solusi Meteran Listrik Error

    Jika meteran listrik Anda mengalami masalah atau error, Anda tidak perlu panik. Ini beberapa solusi yang bisa Anda lakukan: 

    Segera matikan semua alat elektronik 

    Langkah paling penting atau utama ketika meteran listrik Anda mengalami gangguan adalah mematikan semua alat elektronik. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

    Reset ulang meteran listrik 

    Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mereset ulang meteran listrik. Caranya adalah dengan mematikan saklar meteran listrik selama kurang lebih 10 menit, lalu nyalakan kembali. Cara lain adalah dengan mengetikkan angka 07 pada meteran listrik lalu tekan ‘enter’. Baru ketika cara ini berhasil, Anda bisa menyalakan kembali alat elektronik Anda. 

    Hubungi Call Center 123

    Cara terakhir ketika meteran listrik tak kunjung pulih adalah dengan menghubungi Call Center PLN. Dengan menghubungi PLN, Anda bisa mengeluhkan masalah yang Anda alami. Pelanggan bisa menghubungi Call Center PLN kapan saja karena layanan ini bersifat 24 jam. 

    KESIMPULAN

    Meteran listrik, baik pada pelanggan prabayar maupun pascabayar, dapat mengalami masalah atau error yang menyebabkan penghitungan daya listrik tidak akurat. Beberapa penyebab umum termasuk kesalahan memasukkan kode token, pengisian daya berlebihan, instalasi listrik yang buruk, masalah pada mesin meteran, atau gangguan server PLN. Untuk mengatasi masalah ini, pelanggan bisa mematikan semua alat elektronik, mereset meteran listrik, dan jika masalah berlanjut, menghubungi Call Center PLN. Tindakan ini dapat mencegah terjadinya korsleting dan membantu memulihkan fungsi meteran dengan cepat.

    ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

    Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada anda yang memiliki tagihan listrik sampai jutaan rupiah terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak Paket PLTS untuk Rumah yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

    Sobat Aton, apabila anda tertarik untuk memasang PLTS Atap yang Terpercaya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan dengan klik banner di bawah ini!!!

    Banner Paket Panel Surya untuk Rumah