PLTS Hybrid

PLTS Hybrid: Menggabungkan Keunggulan

Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi salah satu masyarakat Indonesia ikut serta mendukung program pemerintah dalam mencapai Bauran Energi Nasional dari Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada tahun 2025. Sistem PLTS familiar digunakan saat ini adalah seperti sistem on grid dan off grid. Namun ada sistem terbaru yang lebih inovatif hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna yang ingin memasang PLTS untuk rumah yaitu PLTS Hybrid.

Seperti yang kita tahu PLTS On Grid memiliki kekurangan dari segi perizinan yang susah ke PLN karena harus mengganti meteran listrik ke meteran EXIM. Sedangkan PLTS Off Grid dikhususkan untuk daerah-daerah yang belum teraliri listrik sama sekali di tempatnya. Dengan adanya sistem Hybrid ini menjawab kekurangan-kekurangan tersebut. Apa saja itu?

Di dalam artikel ini, kami akan bahas lebih lanjut tentang apa itu PLTS Hybrid, Cara Kerjanya, Komponen yang dibutuhkan sampai Berapa Biaya yang dibutuhkan untuk memasang PLTS ini.

Baca Juga : Apa Itu PLTS Off Grid dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu PLTS Hybrid?

PLTS Hybrid adalah sistem PLTS yang sesuai dengan namanya yaitu hybrid yang artinya sistem ini dapat memiliki sumber lainnya seperti listrik PLN, genset, maupun sumber daya lainnya seperti turbin angin. Sistem PLTS ini bisa ditambahkan baterai sebagai back up sehingga dapat digunakan pada malam hari dan juga saat terjadi pemadaman listrik.

Penggunaan Sistem Hybrid ini sangat cocok untuk rumah karena mampu mengcover kebutuhan listrik rumah tangga pada siang dan malam hari.

Jenis-Jenis PLTS Hybrid

Dengan hadirnya inovasi sistem Hybrid untuk rumah ini membantu memudahkan orang-orang yang ingin memasang PLTS untuk rumahnya. Sebelumnya anda perlu mengetahui bahwa PLTS jenis ini terbagi menjadi dua jenis adalah sebagai berikut:

1. PLTS Sistem Hybrid Tanpa Baterai

Sistem Hybrid tanpa baterai adalah sistem PLTS tanpa menggunakan baterai. Jadi, sistemnya mirip seperti sistem plts on grid yang terhubung ke jaringan listrik utama PLN namun anda tidak perlu mengganti ke meteran EXIM dan ijin ke PLN untuk memasang sistem PLTS ini.

2. PLTS Sistem Hybrid dengan Baterai

Berbeda dengan sistem PLTS On Grid dan Off Grid, Sistem Hybrid bisa diback up dengan baterai. Jadi, sistem PLTS bisa mengcover secara penuh kebutuhan rumah tangga sepanjang hari. Sehingga hal ini akan mengoptimalkan penggunaan harian untuk rumah.

Kelebihan dan Kekurangan PLTS Hybrid

1. Kelebihan PLTS Hybrid

Sistem PLTS ini menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya semakin populer di kalangan industri energi. Berikut adalah beberapa kelebihan utama yang dapat kita dapatkan dari penggunaan Sistem Hybrid:

  1. Tidak butuh izin PLN : Sistem hybrid tidak memerlukan izin PLN dalam pemasangannya
  2. Memiliki Backup ketika terjadi Pemadaman Listrik : Sistem hybrid bisa memakai baterai sebagai backup jika kondisi rumah mengalami pemadaman listrik
  3. Memenuhi kebutuhan listrik harian : Sistem hybrid bisa mengcover kebutuhan listrik sepanjang hari

2. Kekurangan PLTS Hybrid

Setelah mengetahui kelebihan dari PLTS Sistem ini tentunya ada beberapa poin tentang kekurangan dari Sistem PLTS yang bisa jadi bahan pertimbangan anda, sebagai berikut :

  1. Biaya Investasi Awal Lebih Mahal : Tentu biaya sistem Hybrid membutuhkan investasi lebih mahal di banding sistem on grid karena sistem plts ini membutuhkan baterai tetapi nilai yang diinvestasikan sebanding dengan benefit yang bisa didapatkan pengguna.
  2. Proses Instalasi Lebih Rumit : Instalasi sistem hybrid harus melibatkan teknisi bersertifikasi

Komponen yang Dibutuhkan untuk Pemasangan PLTS Hybrid

  1. Inverter Hybrid
  2. Modul Panel Surya
  3. Baterai
  4. Mounting
  5. AC dan DC Disconnect
  6. Kabel PV
  7. Kabel AC
  8. Kabel Baterai
  9. Grounding Kit
  10. Aksesoris Instalasi

Cara Kerja PLTS Hybrid

Cara Kerja Sistem PLTS Hybrid

Cara kerja atau skema PLTS Hybrid menggunakan jenis inverter khusus, yang disebut inverter hybrid yang mampu mengelola solar panel dan baterai secara simultan. Jenis inverter ini menjalankan beberapa fungsi:

  1. Mengubah output listrik dari panel surya atau sistem baterai dari listrik arus searah (DC) menjadi listrik arus bolak-balik (AC) yang diperlukan untuk memasok listrik ke rumah.
  2. Mengelola siklus pengisian baterai sistem Hybrid.
  3. Menyinkronkan dengan tegangan grid listrik lokal untuk beroperasi dalam mode terhubung ke grid.

Sistem Hybrid dapat menggunakan baterai bahkan saat terhubung ke grid. Misalnya, jika baterai Anda mengisi daya selama siang hari, Anda dapat menggunakan energi tersebut pada malam hari daripada membayar untuk listrik dari grid.

Harga Pemasangan PLTS Sistem Hybrid

Sistem hybrid ini lebih cocok untuk PLTS untuk Rumah. Harga Pemasangan PLTS ini bergantung dengan daya masing-masing rumah. Tetapi pada umumnya harga PLTS Hybrid mulai dari Rp 20Jt-an.

Baca Juga : Paket PLTS Murah untuk Rumah

Kesimpulan

PLTS Hybrid sebagai inovasi terbaru, memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pengguna rumah dalam memasang sistem tenaga surya. Terdapat dua jenis Sistem Hybrid: yang tanpa baterai dan yang dengan baterai, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain tidak memerlukan izin dari PLN, memiliki backup saat terjadi pemadaman listrik, dan dapat memenuhi kebutuhan listrik harian.

Namun, kekurangan Hybrid termasuk harga investasi awal yang lebih tinggi dan proses instalasi yang lebih rumit. Meskipun demikian, dengan komponen utama seperti inverter hybrid, modul panel surya, dan baterai, serta harga pemasangan yang berkisar mulai dari Rp 20 jutaan, Sistem Hybrid menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin menggunakan energi surya dengan lebih efisien dan efektif di rumah mereka.

Semoga informasi di atas bisa membantu ya! Sobat Aton, jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar plts, pats dan energi terbarukan di Blog Atonergi 

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada Anda terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak Paket PLTS untuk Rumah dan Paket Pompa Air Tenaga Surya yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sobat Aton, apabila anda butuh memasang PLTS Atap yang Terpercaya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan juga Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan.

Banner Paket Panel Surya untuk Rumah

by : yee atonergi

auth by : Faris Fakhruddin