Solar Energy

7 Kelebihan Rumah Tenaga Surya yang Membuatmu Nyaman

Kini orang-orang mulai sadar untuk membangun rumah tenaga surya. Hal ini lantaran adanya kesadaran masyarakat akan kebutuhan energi listrik yang terus-menerus dibutuhkan. Masyarakat sudah mulai sadar dengan pentingnya memanfaatkan tenaga yang tak pernah lekang oleh waktu, yaitu matahari.

Apalagi akhir-akhir ini masyarakat juga semakin jengkel dengan kasus pemadaman yang hampir terjadi setiap pekan. Padamnya listrik secara tiba-tiba akan mengganggu kesehatan barang-barang elektronik. Berangkat dari masalah seperti ini dan adanya kesadaran masyarakat, maka beberapa bulan terakhir ini orang-orang bergerilya untuk membangun rumah tenaga surya.

7 Kelebihan Rumah Tenaga Surya

Rumah dengan tenaga matahari bukan berarti rumah tersebut beratapkan genteng transparan dan dinding kaca yang transparan. Melainkan memanfaatkan tenaga matahari untuk dijadikan listrik. Biasanya, di rumah-rumah disediakan panel surya yang akan menyimpan tenaga surya untuk kemudian ditransformasikan menjadi energi listrik yang langsung bisa dimanfaatkan.

Berikut ini telah dirunut mengenai kelebihan-kelebihan apabila sebuah rumah menggunakan tenaga surya. Simak baik-baik ya!

  • Mengurangi Tagihan Listrik

Penggunaan tenaga surya bisa dilakukan secara bertahap. Dengan pelan-pelan menggunakan solar panel, maka kamu telah membuka peluang untuk mengurangi beban tagihan listrik. Gunakan saja solar panel mumpung tenaga matahari masih bisa diakses secara gratis. Ya tentu saja tenaga matahari akan kamu dapatkan gratis selamanya.

  • Biaya Pemeliharaan Rendah

Dengan memanfaatkan solar sel, maka kamu tidak perlu sering-sering mengeluarkan uang untuk perawatan. Kabar baiknya, solar sel atau panel surya mampu bertahan dan awet lebih dari 30 tahun. Yang diperlukan hanya merawatnya agar tetap bersih supaya bisa menyerap tenaga matahari dengan maksimal.

  • Dapat Dipasang Di Mana Saja

Berbeda dengan listrik PLN yang tidak dapat dipindahkan ke mana pun karena sudah tertancap di tiang listrik. Justru solar sel dapat dipindah sekehendak pemilik rumah. Solar sel dapat diletakkan di atap rumah, di halaman rumah, dan lainnya.

  • Lebih Aman dan Efektif

Panel surya bisa dimanfaatkan untuk memasak air, memanaskan air untuk mandi, menyalakan lampu, menyalakan televisi, dan lainnya. Kabar baiknya penggunaan tenaga surya ini cenderung lebih efektif 2-3 kali lipat daripada penggunaan listrik biasanya loh!

  • Ramah Lingkungan

Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa rumah dengan tenaga surya merupakan rumah yang ramah lingkungan. Hal ini lantaran panel surya tidak berdampak terhadap perubahan iklim layaknya penggunaan bahan bakar fosil. Selain itu panel surya juga tidak menghasilkan gas rumah kaca seperti gas karbon dioksida yang dapat membuat cuaca semakin panas.

  • Harga Panel Surya Relatif Turun

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk memiliki panel surya dibutuhkan modal yang sangat besar. Namun tenang saja, semakin lama harga panel surya mengalami penurunan. Kamu tidak perlu membeli sejumlah panel surya secara bersamaan. Kamu hanya perlu membelinya secara bertahap sesuai kebutuhan.

  • Harga Properti Meningkat

Orang-orang sepakat bahwa rumah yang unik karena menggunakan tenaga surya akan memiliki nilai jual yang cukup mahal. Properti rumah tenaga surya sangat diminati oleh banyak orang. Sebab orang-orang semakin sadar betapa nyamannya rumah dengan tenaga surya. Maka tak mengherankan bila banyak orang yang tertarik untuk memiliki rumah bertenaga surya. Itulah 7 kelebihan yang dapat kamu nikmati bila memiliki rumah tenaga surya. Rumahmu akan terlihat keren dan unik karena memanfaatkan energi matahari untuk menghidupkan rumahmu. Yakin deh akan ada banyak orang yang terinspirasi akan rumahmu yang ramah lingkungan.