Daya Paket Pembangkit Tenaga Surya Pompa Air

Sumber: canva

Apakah Anda sedang mencari alternatif sumber energi yang ramah lingkungan? Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan pembangkit tenaga surya pompa air. Artikel ini akan menjelaskan apa itu daya paket pembangkit tenaga surya pompa air, bagaimana cara kerjanya, dan manfaat apa yang bisa didapat.

Apa Itu Daya Paket Pembangkit Tenaga Surya Pompa Air?

Daya pembangkit tenaga surya pompa air adalah sistem pompa air yang didukung oleh tenaga surya. Dalam sistem ini, panel surya mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan pompa air.

Cara Kerja Daya Paket Pembangkit Tenaga Surya Pompa Air

Pembangkit tenaga surya pompa air terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:

  • Panel surya
  • Kontroler daya
  • Pompa air
  • Tangki air

Berikut adalah penjelasan cara kerjanya secara lebih detail:

1. Panel Surya

Solar panel berfungsi untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Panel surya terdiri dari beberapa sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon.

2. Kontroler 

Komponen kontroler berfungsi untuk mengatur dan mengoptimalkan arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya sehingga bisa digunakan untuk menggerakkan pompa air. Kontroler juga dapat menjaga agar tidak terjadi overcharging pada baterai yang digunakan.

3. Pompa Air

Berfungsi untuk memompa air dari sumur atau sumber air lainnya ke tangki air yang digunakan sebagai penyimpanan air. Pompa air yang digunakan pada pembangkit tenaga surya pompa air adalah pompa DC, yang bisa bekerja dengan listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya.

4. Tangki Air

Tempat penyimpanan air digunakan sebagai penyimpanan air. Ukuran tangki air dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Manfaat Menggunakan Daya Paket Pembangkit Tenaga Surya Pompa Air

Penggunaan pembangkit tenaga surya pompa air memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Ramah Lingkungan

Pembangkit tenaga surya pompa air menggunakan sumber energi terbarukan yaitu matahari, sehingga tidak menimbulkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya bagi lingkungan.

2. Efisien

Penggunaan pembangkit tenaga surya pompa air lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan pompa air konvensional

3. Hemat Biaya

Dalam jangka panjang, penggunaan pembangkit tenaga surya pompa air dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan biaya listrik bulanan yang harus dibayar.

4. Mudah dalam Pemasangan dan Perawatan

Pembangkit tenaga surya pompa air mudah dalam pemasangan dan perawatan. Selain itu, karena tidak memerlukan sumber listrik dari jaringan listrik, maka penggunaan PATS dapat diaplikasikan di daerah yang belum tersedia jaringan listrik.

Penutup

Daya pembangkit tenaga surya pompa air adalah solusi yang tepat bagi mereka yang ingin menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Mariki miliki pompa air tenaga surya di rumah atau lahan Anda dengan jasa instalasi Atonergi!

By : Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 × 4 =