Bagaimana Cara Melihat Nomor Token Listrik? Ini Penjelasannya

Bagaimana Cara Melihat Nomor Token Listrik? Ini Penjelasannya

Saat ini, mayoritas rumah atau bangunan di Indonesia menggunakan sistem listrik prabayar atau listrik token. Oleh karena itu, untuk melakukan pengisian listrik maka perlu mengetahui yang namanya nomor token listrik. 

Nomor token listrik biasanya terdiri dari dua puluh digit angka berbeda dan biasanya dapat ditemukan di bagian paling atas pada struk pembelian token listrik. Namun, terkadang kita bisa teledor sehingga struk pembelian bisa hilang dan membuat kita tak bisa mengisi listrik rumah dengan token yang sudah dibeli karena tidak tahu nomor token listrik. Untungnya, terdapat beberapa cara alternatif yang bisa digunakan untuk melihat nomor token listrik agar bisa melakukan pengisian ulang token. 

Cara Melihat Nomor Token Listrik

1. Cek aplikasi PLN Mobile

Cara lain untuk mengetahui nomor token listrik dengan melihat struk pembelian adalah dengan mengeceknya melalui aplikasi PLN Mobile. Langkah-langkahnya adalah: 

  • Unduh dan buka aplikasi PLN Mobile di telepon genggam Anda. 
  • Login atau masuk menggunakan ID pelanggan PLN Anda 
  • Pilih opsi menu “Token dan pembayaran”
  • Klik ID pelanggan di layar Anda 
  • Nomor token listrik Anda yang berjumlah dua puluh digit angka akan muncul. 

2. Cek website resmi PLN

Selain melalui aplikasi resmi PLN yakni PLN Mobile, Anda juga bisa langsung ke situs resmi PLN untuk melihat nomor token listrik Anda. Langkah-langkah melihat nomor token listrik melalui situs PLN: 

  • Buka situs resmi PLN di web.pln.co.id melalui browser 
  • Cari dan klik opsi menu “Pelanggan” di sudut atas bagian kiri layar Anda. 
  • Pilih opsi menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik” yang terletak di bagian kiri. 
  • Masuk dengan menggunakan e-mail, kata sandi, dan kode captcha yang tertera dan ketik ID pelanggan Anda.
  • Nomor token listrik Anda yang berjumlah dua puluh digit angka akan muncul di layar. 

3. Cek aplikasi yang biasa digunakan untuk membeli token listrik 

Cara lain untuk melihat nomor token listrik adalah dengan mengeceknya melalui aplikasi yang biasa Anda gunakan untuk membeli token listrik seperti mobile banking, e-wallet, dan e-commerce. Anda hanya perlu melakukan pengecekan pada riwayat pembelian token listrik Anda di bulan-bulan sebelumnya. Hal ini karena pada riwayat pembelian tersebut, nomor token listrik Anda akan tertera. 

4. Kirim email ke PLN 

Jika cara-cara tersebut belum bisa Anda lakukan, Anda juga bisa mengirimkan e-mail ke PLN untuk melihat nomor token listrik.

  • Masuk atau login ke akun Gmail yang Anda miliki 
  • Jelaskan situasi dan kondisi Anda yang membuat Anda membutuhkan informasi mengenai nomor token listrik dengan mencantumkan nama, ID, dan nomor telepon Anda. 
  • Kirim keluhan tersebut ke e-mail resmi PLN yaitu [email protected] 
  • Tunggu balasan dari PLN untuk dapat mengetahui nomor token listrik Anda. 

5. Hubungi call centre PLN 

Jika cara-cara di atas tersebut belum berhasil membuat Anda tahu nomor token listrik, Anda bisa juga langsung menghubungi PLN melalui call centre 123. Ini langkah-langkah menghubungi Call Centre PLN: 

  • Siapkan ID pelanggan Anda sebelum menghubungi PLN
  • Hubungi call centre PLN di nomor 123
  • Sampaikan kendala Anda dan customer service PLN akan segera memberikan Anda dua puluh digit angka nomor token listrik Anda.  

Nah, cara-cara tersebut di atas adalah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor token listrik Anda, terutama ketika Anda kehilangan struk pembelian pulsa token. 

KESIMPULAN

jika Anda kehilangan struk pembelian token listrik, masih ada beberapa cara untuk mengetahui nomor token listrik. Anda bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile, mengunjungi situs resmi PLN, memeriksa aplikasi pembayaran, atau menghubungi layanan pelanggan PLN melalui email atau call center. Dengan metode-metode ini, Anda tetap bisa mengisi ulang token listrik tanpa harus khawatir kehilangan struk pembelian.

Semoga informasi di atas bisa membantu ya! Sobat Aton, jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar plts, pats dan energi terbarukan di Blog Atonergi 

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Apabila anda penasaran dan ingin pasang PLTS Atap dan Pompa Air Tenaga Surya yang terpercaya, hubungi tim Atonergi disini ya! Gratis konsultasi kok!