Perbedaan Tarif Listrik R1 dan B1, Apa Bedanya?

PT Perusahaan Listrik Negara atau biasa disingkat PLN yang merupakan badan usaha milik negara di bidang kelistrikan membagi tarif listrik di Indonesia ke dalam beberapa golongan yang dibagi berdasarkan kebutuhan. Dua golongan utama golongan listrik ini adalah Golongan R1 dan B1. Apa itu golongan R1 dan B1? dan apa perbedaan tarif listrik r1 dan b1? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Golongan Listrik R1 dan B1?

1. Golongan Listrik R1

Merupakan golongan listrik yang umumnya digunakan untuk residensial. Golongan listrik ini umumnya punya daya listrik di kisaran 900 – 2.200 VA. Dengan demikian, golongan listrik R1 ini sering dikategorikan sebagai golongan listrik untuk rumah tangga. 

2. Golongan Listrik B1

Merupakan golongan listrik untuk bisnis seperti ruko, kantor, atau usaha kecil lainnya. Golongan listrik ini umumnya punya daya listrik sekitar 450 – 5.500 VA dan dikategorikan sebagai golongan yang menerima subsidi. 

Perbedaan Tarif Listrik R1 dan B1

Pemisahan golongan listrik ini didasarkan pada jenis pengguna maupun pemakaiannya. Hal ini juga kemudian mendorong adanya perbedaan tarif dan regulasi dalam kedua golongan tersebut. 

Perbedaan Tarif 

1. Tarif Listrik R1 

Tarif listrik untuk rumah tangga bisa dibilang punya harga yang cenderung progresif. Untuk golongan listrik ini, tarif yang ditetapkan oleh PLN adalah: 

  • Rp1.352 per kWh untuk rumah tangga dengan daya 900 VA.
  • Rp1.444,70 per kWh untuk rumah tangga dengan daya 1.300 VA.
  • Rp1.444,70 per kWh untuk rumah tangga dengan daya 2.200 VA.

2. Tarif Listrik B1

Sedangkan tarif listrik bagi usaha kecil cenderung punya harga yang lebih rendah daripada golongan listrik untuk rumah tangga karena merupakan jenis pelanggan yang menerima subsidi. Tarif yang ditetapkan oleh PLN untuk golongan ini adalah:

  • Rp 415 per kWh untuk usaha kecil dengan daya 450 Volt Ampere (VA) 
  • Rp 605 per kWh untuk usaha kecil dengan daya 900 VA.
  • Rp 1.444,70 per kWh untuk usaha kecil dengan daya 1.300-2.200 VA.
  • Rp 1.699,53 per kWh untuk usaha kecil dengan daya 3.500 VA ke atas.

Baca Juga : Golongan Tarif Listrik PLN Terbaru 2024

Cara Cek Golongan Listrik

Setelah memahami perbedaan dari golongan listrik R1 dan B1, Anda mungkin juga perlu mengetahui termasuk ke golongan manakah Anda. Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek golongan listrik Anda, seperti: 

1. Cek melalui tagihan listrik

Anda bisa mengecek golongan listrik Anda melalui tagihan listrik bulanan Anda. Hal ini karena biasanya tagihan listrik bulanan memuat informasi mengenai kapasitas daya yang dipasang dalam satuan Volt Ampere (VA) atau kilo Volt Ampere (kVA).

2. Cek melalui Call Center PLN

Anda juga bisa menghubungi call center PLN di nomor 123 untuk menanyakan mengenai kapasitas daya listrik Anda. Sebelum melakukan komunikasi melalui telepon, siapkan informasi seperti nama, alamat, serta detail identitas pribadi yang dibutuhkan oleh petugas PLN. Dengan demikian, mereka akan membantu Anda mendapatkan informasi mengenai golongan listrik yang Anda pakai. 

3. Cek melalui situs resmi PLN

Situs resmi PLN juga menyediakan layanan pengecekan daya yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai golongan listrik yang Anda pakai. Anda bisa kunjungi situs resmi PLN di https://web.pln.co.id/ dan carilah menu yang menyediakan layanan pengecekan daya. 

4. Cek melalui aplikasi PLN Mobile

PLN juga menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di telepon genggam Anda. Unduh dan buka aplikasi PLN Mobile, pilih fitur untuk mengecek daya listrik dan ikuti instruksi yang tersedia. Anda akan bisa mengetahui golongan listrik yang Anda pakai.

KESIMPULAN

Golongan listrik R1 dan B1 yang ditetapkan oleh PLN memiliki perbedaan utama dalam hal penggunaan dan tarif. Golongan R1 ditujukan untuk rumah tangga dengan daya 900-2.200 VA, dengan tarif listrik yang bersifat progresif. Sebaliknya, golongan B1 ditujukan untuk usaha kecil dengan daya 450-5.500 VA, yang mendapatkan subsidi dan tarif lebih rendah. Memahami perbedaan ini penting untuk mengelola biaya listrik dengan lebih efisien. Anda dapat mengecek golongan listrik Anda melalui tagihan listrik, call center PLN, situs resmi PLN, atau aplikasi PLN Mobile.

Semoga informasi di atas bisa membantu ya! Sobat Aton, jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar plts, pats dan energi terbarukan di Blog Atonergi

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada anda yang memiliki tagihan listrik sampai jutaan rupiah terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak Paket PLTS untuk Rumah yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sobat Aton, apabila anda tertarik untuk memasang PLTS Atap yang Terpercaya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan dengan klik banner di bawah ini!!!

Banner Paket Panel Surya untuk Rumah