Pemasangan Solar Panel Rumah

Plus Minus Pemasangan Solar Panel Rumah

Solar panel kini pemanfaatannya sudah semakin berkembang adn mulai banyak dipakai pada rumah khususnya di kota besar. Bisa dikatakan, solar panel ini adalah sumber energi listrik yang sangat hemat dan biasanya dapat dipasang pada atap rumah. Berikut adalah Plus Minus Pemasangan Solar Panel Rumah sebelum Anda memutuskan apakah memasang panel surya atau tidak.

Rumah Dengan Solar Panel

Dikatakan hemat energi karena listrik yang dihasilkan menggunakan energi surya. Tujuan dipasangnya solar panel pada atap rumah atau bangunan adalah agar memaksimalkan serapan dari cahaya matahari yang kemudian akan diproses menjadi energi listrik.

perancangan solar home system Solar Cell Rumah

Di Indonesia sendiri, penggunaan solar panel sudah banyak digencarkan untuk menghemat biaya listrik, serta mewujudkan rumah yang lebih ramah lingkungan.Bahkan, penghematan listrik ini bisa mencapai kurang lebih 50%.

Jikalau Anda tertarik untuk memasang solar panel untuk rumah, tentu Anda juga harus mengetahui apa saja plus minus pemasangan solar panel.

Plus Pemasangan Solar Panel Untuk Rumah

Hemat Tagihan Listrik

Seperti halnya yang sudah disinggung di atas, pemanfaatan solar panel untuk rumah dapat menghemat listrik rumah Anda.

Bahkan, energi listrik yang dihasilkan oleh solar panel sudah bisa langsung digunakan untuk menyalakan beragam alat elektronik. Dengan demikian, nantinya biaya listrik dari PLN sudah bisa dipastikan akan lebih hemat.

Tidak Butuh Atap Baru

Mungkin hal yang langsung terlintas saat Anda akan pasang solar panel untuk rumah adalah atap. Pasalnya, pasang solar panel harus dilakukan pada atap dan pasti banyak yang mengira akan membutuhkan atap baru.

Namun hal ini tidak perlu khawatir soal hal ini, karena tidak perlu memasang atap baru. Hanya saja, pemasangan solar panel akan bergantung pada kemiringan atap. Karena tingkat kemiringan atap akan berpengaruh pada daya serap energi matahari oleh solar panel.

Cocok Dipakai Untuk Segala Kondisi

Tingkat fleksibilitas dari pemakaian solar panel sendiri sangat tinggi. Bisa dikatakan, solar panel sangat cocok digunakan dalam berbagai iklim, apalagi Indonesia merupakan negara tropis yang banyak terkena paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, pemasangan solar panel untuk rumah di Indonesia akan sangat menguntungkan. Energi matahari bisa didapatkan secara gratis kapan saja untuk Anda dan tidak akan keluar biaya lebih untuk membeli bahan bakar pembangkit listrik lain.

Bergaransi

Untuk urusan garansi, pemasangan solar panel untuk rumah menawarkan garansi yang cukup lama. Garansi ini bisa mencapai hingga 30 tahun lamanya.

Hanya saja, setiap tahun tingkat efisiensi solar panel bisa mengalami penurunan hingga 1%. Sehingga, Anda pun juga memerlukan tindakan pembersihan dan perawatan yang tepat agar solar panel pada rumah bisa bertahan lama.

Perawatan Murah

Solar panel sendiri memiliki tingkat efisiensi yang cukup bagus. Hanya saja, solar panel harus terus diperhatikan agar dalam kondisi bersih. Caranya pun mudah, Anda dapat menghubungi perusahaan jasa pemasangan solar panel yang sebelumnya Anda percaya.

Minus Pemasangan Solar Panel Rumah

Biaya Pemasangan Mahal

Setelah Anda mengetahui beberapa plus atau kelebihan pemasangan solar panel untuk rumah, maka selanjutnya adalah mengetahui minus atau kekurangannya.

Yang perlu Anda ketahui pertama kali, biaya pemasangan solar panel masih tergolong cukup tinggi.

Mengapa demikian? Karena biaya yang dikeluarkan saat pemasangan ini nantinya meliputi pembelian panel surya dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhan, beragam komponen pendukung seperti inventer, baterai, kabel, serta biaya jasa pemasangan solar panel.

pemasangan solar panel rumah

Estimasi harga dari pemasangan solar panel untuk rumah sendiri bisa nmencapai sekitar Rp 35.000.000,00 tergantung dari jumlah panel yang Anda pasang. Oleh sebab itu, pemasangan panel solar panel untuk rumah harus Anda lakukan dengan perencanaan matang.

Makan Banyak Tempat

Memasang solar panel di area rumah tentu membutuhkan banyak ruang. Walaupun sebelumnya sudah disinggung kalau pemasangan ini tidak akan mengubah atap yang lama, tapi solar panel ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Sehinga, dalam beberapa kasus ada ukuran atap yang tidak cukup untuk menampung seluruh komponeb solar panel.

Namun, sebagai jalan alternatifnya apabila solar panel surdah tidak bisa dipasang pada atap rumah, maka Anda juga bisa memasang solar panel secara lengkap di halaman rumah yang mendapat sinar matahari terbaik.

Ketergantungan Pada Cuaca

Kekurangan atau minus dari pemasangan solar panel untuk rumah yang selanjurnya adalah solar panel sangat bergantung pada energi sinar matahari yang nantinya akan dipakai untuk mengumpulkan energi secara efektif untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah Anda.

Jika cuaca sedang tidak terlalu mendukung, maka kinerja dari solar panel tidak akan maksimal untuk menyerap dan menghasilkan energi listrik.

Media Penyimpanan Listrik yang Mahal

Energi dari sinar matahari yang sudah diubah, biasanya akan segera disimpan ke dalam baterai yang besar sebagai sarana untuk menjaga agar energi listrik tidak hilang. Baterai ini umumnya digunakan dalam sistem pemasangan solar panel off grid.

Dengan adanya baterai, maka listrik yang sudah disimpan dapat Anda pakai pada siang atau malam hari ketika sudah tidak ada energi sinar matari.

Walau penggunaan baterai ini sangat tepat, tapi harga dari mahal. Padahal baterai menjadi komponen yang penting dalam solar panel agar listrik bisa tercover dengan baik.

Namun Anda tak perlu khawatir lagi, karena sekarang sudah hadir Atonergi sebagai solusi pemasangan panel surya terbaik. Setelah mengetahui plus dan minus pemasangan solar panel pada rumah, Anda pun bisa memulai membuat pertimbangan.

Atonergi menawarkan solar panel harga termurah tapi kualitas terjamin apik. Anda bisa melihat beragam solar panel yang ditawarkan di www.atonergi.com sekarang juga.

Katalog Harga Promo

 

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato0812-3460-5879
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Disclaimer : Artikel diatas adalah artikel SEO dan ditulis oleh penulis lepas sebagai sumber informasi umum. ATONERGI tidak memberikan jaminan atas keakuratan, kecukupan, atau keandalan informasi yang terkandung dalam artikel ini. Bila ada informasi yang tidak tepat mohon memberikan info ke : GRADIN Digital Agency