Meningkatkan Efisiensi Panel Surya

Kekurangan PLTS On-Grid: Tergantung Jaringan

Kekurangan PLTS On-Grid: Tergantung Jaringan
Sumber : Dok. Pribadi

PLTS On-Grid adalah sistem yang terhubung langsung ke jaringan listrik umum. Meskipun mereka memiliki banyak kelebihan, seperti stabilitas pasokan listrik dan efisiensi energi tinggi, mereka juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Artikel ini akan membahas beberapa kekurangan utama dari PLTS On-Grid.

1. Tergantung pada Jaringan Listrik

Salah satu kekurangan utama PLTS On-Grid adalah ketergantungannya pada jaringan listrik umum. Ini berarti bahwa ketika terjadi pemadaman listrik, sistem PLTS On-Grid juga akan mati, bahkan jika matahari sedang bersinar terang. Ini bisa menjadi masalah jika Anda berharap sistem PLTS akan memberikan pasokan listrik darurat selama pemadaman.

2. Tidak Mandiri

PLTS On-Grid tidak mandiri. Mereka tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan energi yang dihasilkan untuk digunakan di malam hari atau saat cuaca buruk. Oleh karena itu, Anda masih akan bergantung pada pasokan listrik dari jaringan saat kondisi tidak mendukung.

3. Biaya Awal yang Tinggi

Meskipun PLTS On-Grid dapat menghemat uang dalam jangka panjang melalui penghematan tagihan listrik, biaya awal pemasangan dan peralatan dapat tinggi. Ini bisa menjadi hambatan bagi banyak orang yang ingin beralih ke energi surya.

4. Kurangnya Kemandirian Energi

Kekurangan utama lainnya adalah kurangnya kemandirian energi. Dalam sistem On-Grid, energi yang dihasilkan akan langsung disalurkan ke jaringan listrik umum, dan Anda tidak memiliki kontrol atasnya. Anda tidak dapat menyimpannya untuk digunakan nanti atau menjualnya kembali ke jaringan dengan harga yang lebih baik.

Kesimpulan

Meskipun PLTS On-Grid memiliki kelebihan, seperti stabilitas pasokan listrik dan efisiensi, penting untuk mempertimbangkan juga kekurangannya. Tergantung pada jaringan listrik umum, kurangnya kemandirian energi, biaya awal yang tinggi, dan kurangnya kontrol atas energi yang dihasilkan adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah PLTS On-Grid adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Jika Anda ingin ikut merasakan manfaat panel surya. Tidak perlu cemas, karena Atonergi sebagai perusahaan distribusi dan jasa pemasangan energi surya siap dalam memenuhi keinginan anda untuk mendapatkan manfaat dari energi surya yang terbaik. Segera kunjungi website kami di www.atonergi.com atau kontak sales dan media sosial kami di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Penulis : Hedgehog

Penyunting : Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 1