Apa itu Listrik Tenaga Surya?

Apa itu Listrik Tenaga Surya?

Apa itu Listrik Tenaga Surya?
sumber: dok. pribadi

Salah satu bentuk energi terbarukan yang mendapatkan perhatian besar adalah tenaga surya. Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan penting, “Apa itu Listrik Tenaga Surya?” dan mengungkap manfaat serta keunggulan energi surya dalam membangun masa depan yang terang dengan sumber energi bersih.

Apa itu Listrik Tenaga Surya?

Ini juga dikenal sebagai energi surya atau fotovoltaik (PV), adalah energi yang dihasilkan dari sinar matahari melalui penggunaan panel surya. Panel surya terdiri dari sel fotovoltaik yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik. 

Dalam proses tersebut, cahaya matahari yang jatuh pada panel surya akan merangsang elektron-elektron di dalam sel fotovoltaik untuk bergerak, menghasilkan arus listrik seiring dengan adanya medan listrik yang dibangkitkan oleh sel tersebut.

Manfaat Listrik Tenaga Surya

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari PLTS ini:

1. Energi Bersih dan Ramah Lingkungan

Salah satu keunggulan utama sistem ini adalah bahwa ia menghasilkan energi yang bersih dan tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara. Dengan menggunakan energi surya, kita dapat mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil yang terbatas dan merusak lingkungan.

2. Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi surya tidak akan habis karena sinar matahari yang tak terbatas. Dengan memanfaatkan matahari sebagai sumber energi, kita dapat mengurangi ketergantungan kita pada sumber energi yang terbatas dan tidak dapat diperbaharui.

3. Hemat Biaya

Meskipun biaya instalasi awal panel surya mungkin tinggi, energi listrik yang dihasilkan dari panel surya dapat membantu mengurangi tagihan listrik bulanan kita dalam jangka panjang. Selain itu, beberapa negara memberikan insentif dan subsidi bagi pengguna energi surya.

4. Dapat Diterapkan di Mana Saja

Panel surya dapat dipasang di berbagai lokasi, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Mereka juga fleksibel dalam ukuran, sehingga dapat diinstal di rumah, gedung perkantoran, atau bahkan di lahan terbuka seperti ladang surya.

Dengan mempertimbangkan manfaat-manfaat ini, tidak mengherankan bahwa banyak negara dan individu sedang beralih ke penggunaan PLTS sebagai sumber energi yang lebih berkelanjutan.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah menjelaskan manfaat serta keunggulan energi surya sebagai sumber energi yang bersih dan terbarukan. Jika Anda berminat untuk menggunakan listrik tenaga surya, Anda dapat menghubungi Atonergi dan dapatkan penawaran yang menarik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 1